Tetap tangguh sebagai biker tulen? Cobalah berpuasa

touring jupiter mx

Salam sejuta umat, mas bro sekalian mumpung hari Jum’at moodnya adalah menulis artikel religi, maaf jika lama vakum warung ini dari artikel religi. Intermezo dulu sebelum masuk ke topik, mas bro sekalian pasti merasakan semakin kesini situasi dan kondisi jalanan dimana-mana, wabil khusus di jalanan Ibukota semakin semrawut. Baik dilihat dari segi kepadatan kendaraannya, mental para biker dan juga pengendara mobil juga angkutan umum, serta kondisi sarana jalan yang dimana-mana menjadi sempit akibat proyek galian yang bolak-balik seolah gak pernah kelar.

Akibat dari kondisi ini banyak pengguna jalan yang semakin tersiksa karena waktu dan tenaga habis di jalanan hanya untuk mencapai suatu tempat tujuan. Apalagi bagi seorang biker yang langsung kepanasan jika teriknya matahari, juga diterpa kehujanan jika lagi musim hujan. Dan yang tak kalah bikin stress adalah kondisi kemacetan Jakarta yang semakin hari semakin menuju titik stuck alias hampir tidak bergerak. Sudah dapat ditebak tingkat kelelahan mengendarai sepeda motor di tengah kemacetan akan semakin tinggi. Inilah sebabnya motor matic menjadi solusi bagi sebagian biker yang gak mau capek menggunakan sepeda motor berkopling.

Contohnya di lingkungan kerja EYD sendiri, dulunya Ia seorang biker tulen dari jaman motor batangan hingga tipe motor ayago dia punya. Namun terakhir EYD lihat Ia akhirnya memutuskan beralih menggunakan motor matic. Fenomena ini ternyata menular ke beberapa temen kantor yang lain, yang jelas motor matic menjadi pilihan mereka yang dianggap make sense dengan kondisi kemacetan Jakarta yang semakin parah.

Nah bagaimana dengan MX Strada? Apa harus ikut-ikutan ganti ke motor matic? Rasanya kebayang pakai motor matic belum terlintas mas bro untuk saat ini. Bagi EYD mengendarai motor berkopling khususnya di varian New Jupiter MX ada kenikmatan tersendiri. Bahkan penelitian dari luar yang pernah EYD baca mengatakan mengendarai sepeda motor berkopling bisa mentrigger otak kiri karena dilatih lebih banyak bekerja dalam mengendalikan kendaraan dibandingkan menggunakan motor otomatis sehingga meningkat daya intelligence quotient .

So walau lalu lintas dan sarana jalan semakin semrawut bagi EYD pribadi melibas lalu lintas yang tersedia bersama MX Strada masih menyenangkan. Nah kita mulai ke topik awal, apa sih rahasianya tetap fit dan enjoy berkendara ditengah terik matahari dan kadang juga kehujanan ditambah kemacetan Jakarta yang semakin menjadi? Jawabannya kembali ke pengolahan raga diri masing-masing apakah sudah benar selama ini atau masih terlupakan. Selain olahraga fisik penting juga memaintain bathin/spiritual mas bro masing-masing dengan wasilah berpuasa.

Bagi kita yang muslim, cobalah menjalankan ibadah sunnah yakni puasa di hari Senin dan Kamis. Jujur menjalankan ibadah puasa sunnah diluar bulan Ramadhan itu terasa berat godaannya ketimbang berpuasa di dalam bulan Ramadhan. Jelas karena faktor lingkungan berpengaruh, di kala orang-orang sekitar tidak berpuasa dan menyantap makan siang dan cemilan enak, eh kitanya kudu menahan diri. Dikala orang masih tertidur lelap kita harus sudah bangun jam 3 untuk menyiapkan sahur.

EYD coba share pengalaman bathin EYD selama menjalankan ibadah puasa sunnah. Minggu pertama dan kedua tubuh ini masih terasa aneh ketika dipaksa untuk tidak makan dan minum dari sejak Subuh hingga menjelang maghrib, tak ayal rasa perih sedikit dirasakan di awal-awal. Tapi rasa perih ini hanya terjadi saat pagi hingga menjelang pukul 11 siang. Begitu masuk sholat Zuhur, ces lah kok fisik terasa fit tidak ada lagi dehedrasi atau perut keroncongan. Dan indahnya jika sedang berpuasa di Senin Kamis itu seperti ada yang ditunggu mas bro, apalagi kalau bukan saat Maghrib yang ditunggu :D Intinya niat dari latihan istiqomah berpuasa Senin Kamis ini selain untuk menjalankan sunnah Rasul juga untuk menjaga keseimbangan kesehatan tubuh.

Yakinlah sebuah amalan ibadah apapun jika mas bro bisa lakoni dengan istiqomah akhirnya nanti akan menemukan hikmah ilmu dibalik makna ibadah itu apa. Makanya jangan heran ada orang yang getol banget beribadah, lah karena dia itu sudah mendapatkan hikmah, bathin akan meronta jika satu amalan ibadah yang biasa dikerjakan harus ditinggalkan. Seperti halnya juga dengan istiqomah sholat fardhu berjamaah, kalau sudah terbiasa mana enak sholat sendirian, jauh dari kata khusyu’.

Kembali tentang kiat untuk bisa rutin puasa Senin Kamis, kiatnya adalah dipaksa diawal, cukup dipaksa di 3 minggu awal insyallah kesananya akan mulai ringan dan terbiasa. Manfaat hidup sehat dengan berolahraga dibarengi dengan berpuasa alhamdulillah bisa EYD rasakan saat ini, kondisi fit yang dikaruniai Allah SWT ini menjadi modal yang berharga untuk bisa melakukan aktivitas lebih mas bro. Last intinya bagi EYD melakoni aktivitas mobile dari satu tempat ke tempat lain dengan sepeda motor adalah kenikmatan tersendiri tak tergantikan. Selama badan tangguh kemana aja touring ribuan kilometer hayuk dilakoni, itulah biker tulen :D

This entry was posted in Inspirasi, Mengaji and tagged , . Bookmark the permalink.

0 Responses to Tetap tangguh sebagai biker tulen? Cobalah berpuasa

  1. ndesoedisi says:

    Bahkan penelitian dari luar yang pernah EYD baca mengatakan mengendarai sepeda motor berkopling bisa mentrigger otak kiri karena dilatih lebih banyak bekerja dalam mengendalikan kendaraan dibandingkan menggunakan motor otomatis sehingga meningkat daya intelligence quotient
    ============================================================

    maaf mas, kayaknya kebalik deh kalo otak kanan (EQ) itu berhubungan dengan tangan kiri, otak kiri (IQ) itu berhubungan dengan tangan kanan jadi pake kopling itu merangsang otak kanan cmmiw :-)

  2. cucunesimbah says:

    mantap bro

  3. motogokil says:

    betul, pernah ane aplikasikan saat riding malang-jakarta.
    yang nggak puasa dah pada teler, ane yang puasa biasa2 aja.

  4. Heru Kresnanto says:

    salut bang….cuma puasa sunnah lebih berat terutama utk saya yg tinggal di daerah non muslim……kalo pas ramadhan sih agak mendingan……terutama lingkungan kantor dan rumah…..

  5. Si Rosyid says:

    artikel yang bagus :)

  6. Hendriawan says:

    Keren tips nya bro endrik boleh dicoba nih, benar2 puasa itu adalah obat segala penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *