Pilih-pilih paket quota internet yang pas buat ngeblog

Telkomflash Ultima

Salam sejutaumat, mas bro sekalian sekali-kali EYD ingin review koneksi internet yang dipakai selama ini, buat referensi another user yang mungkin sedang bingung menentukan pilihan paket data dari operator. Dari 2 operator yang selama ini dipakai EYD akhir-akhir ini cenderung memutuskan memilih operator Telkomsel, satu alasannya adalah karena operator ini yang cukup stabil dan kencang dipakai sebagai modem (wifi tethering) di perumahan wilayah Cikeas dan sekitarnya. Termasuk saat berada di dalam gedung kantor lantai 10, sinyal GSM maupun layanan data operator ini tergolong stabil dan lancar mas bro.

Sebelumnya, hampir 7 tahun lamanya mempercayakan kebutuhan komunikasi bersama IM3, selain dulu awal-awal IM3 terkenal gampang konek dan setting gprs-nya, dulu juga tergiur dengan layanan pulsa SMSnya yang sangat membantu dalam bisnis jualan pulsa elektrik yang dilakoni :D Sangking setianya rela setiap kehilangan HP hampir 3x ya 3x juga EYD rela repot ke galeri Indosat hanya untuk mendapatkan kembali nomor yang hilang.

Tapi kini di era konsumen lebih membutuhkan layanan data, persaingan ketat antar operator terlihat semakin sengit. Ada operator yang mengiming-imingi cakupan jaringan 3.5Gnya paling luas sampai ke pelosok-pelosok. Ada juga operator lain yang berpromosi menawarkan paket quota lebih besar, ada juga yang bermain dengan promosi quota besar dengan harga super murah.

Untuk komparasi ini EYD bukan tipikal user yang doyan berganti-ganti operator, so untuk ini hanya membandingkan layanan paket data antara IM3 dengan Simpati yang kebetulan keduanya EYD pakai. Perbandingan ini dipersempit untuk paket data bulanan yang menerapkan quota, kira-kira operator mana yang paling worthed untuk dicoba.

Kita mulai dari IM3, untuk paket quota bulanan yang termurah di IM3 adalah;

6GB (600MB + bonus 5.4GB jam 01.00-09.00wib) 25rb/bulan

7GB (1.5GB + bonus 5.5GB jam 01.00-09.00wib, Gratis SuperWifi) 49rb/bulan

Dan untuk pilihan kartu Simpati untuk paket bulanan dari yang termurah adalah;

– 600MB (150MB Flash + 450MB 3G) tidak ada bonus di jam tengah malam harga 25rb/bulan

– 3GB (500MB network 3G + 1.5GB Flash + bonus 1GB Midnite dari 00.00-09.00wib, Gratis Wifi 500MB) 60rb/bulan

Jika dilihat dari perbandingan paket di atas terlihat IM3 sepertinya menawarkan quota lebih besar dengan harga terjangkau, sebaliknya kartu Simpati menawarkan quota yang biasa-biasa saja dengan harga relatif murah. Nah jika mas bro dihadapkan dengan 2 pilihan antara kedua operator tersebut, saran EYD pilihlah yang layanan datanya paling stabil di daerah domisili mas bro. Apalagi jika HP Android selalu dijadikan modem kesehariannya buat aktivitas ngeblog, kestabilan layanan data mutlak menjadi variabel yang dipilih.

Telkomsel Flash Ultima

Dari pengalaman pakai kedua operator tersebut, paket yang paling pas buat ngeblog dengan pertimbangan kestabilan layanan data tadi adalah paket dari kartu Simpati 60rb/bulan dengan quota 3GB. Dalam zona waktu normal (jam 09.00 s/d jam 23.59wib) kita diberi jatah 2GB total, sedangkan masuk zona midnite data transfer akan menggunakan paket bonus sebesar 1GB. Menurut EYD untuk keperluan ngeblog yang biasanya hanya browsing, download dan upload foto-foto, chat dan lain-lainnya ini masih tercover mas bro. Jadi quota 3GB sebulan dirasa sudah lebih dari cukup kalau hanya untuk aktivitas ngeblog, beda casenya jika mas bro tipikal yang hobi download file-file besar seperti film, aplikasi, etc mungkin 3GB masih terasa kurang.

Lalu cara daftarnya gimana, cukup simpel  mas bro, dari HP tekan *363# -> lalu pilih 1. Hot Offers -> pilih 5. 60rb (3GB) -> lalu pilih Langganan. Kenapa pilih langganan, dari pengalaman selama ini jika quota masih sisa saat waktu 30 hari maka quota sisa tersebut akan ditambahkan ke paket quota berikutnya jika berhasil diperpanjang otomatis (pulsa harus cukup saat masa perpanjangan). Tapi ada tipsnya loh mas bro, saat waktu-waktu peralihan perpanjangan sebelum jam 00.00wib, pastikan paket data di handphonenya dimatikan dulu. Karena EYD sudah 2x karena gak dimatikan pulsa Simpati kesedot habis gara-gara dari jam 00.00 – 02.00wib transfer data menggunakan pulsa reguler. Ini disebabkan sistem layanan data Telkomsel tidak otomatis memperpanjangnya saat jam 00.00wib, tapi ada delay hampir 2 jam kemudian (rata-rata) baru deh diperpanjang otomatis. Yo wis akhirnya besok paginya terpaksa isi pulsa lagi 60rb :(

Ini menurut EYD perlu kelemahan sistemnya Telkomsel, mudah-mudahan segera tanggap agar proses perpanjangan otomatis langsung dijalankan saat jam 00.00wib. Ingat sekali lagi mas bro pesan tadi, matikan paket data sebelum jam 00.00wib saat masa peralihan perpanjangan otomatis. Misal paket data mas bro expire 31 Januari 23.59, maka pastikan saat tanggal 31 Januari sebelum jam 23.59wib paket data di handphone mas bro nonaktifkan sementara. Aktifkan kembali setelah dapat notifikasi paket data berhasil diperpanjang. Beuh..ternyata panjang juga coretan artikelnya, yo wis cukup sekian dulu kapan-kapan kita bahas operator lain.

Telkomsel Flash Ultima

Telkomsel Flash Ultima

Telkomsel Flash Ultima

This entry was posted in Gadget, Internet, Ngeblog and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

15 Responses to Pilih-pilih paket quota internet yang pas buat ngeblog

  1. bintangjati says:

    Saya pake 3 always on harga 125.000 dapat quota 15GB buat setahun,ada 13 situs gratis termasuk facebook,bbm,toko bagus,kaskus dll

  2. Ernawati says:

    Pake Tri murah meriah Om…
    5 GB….45rb…masa aktif 1 th…

  3. Maskur says:

    aku pake AON buat pagi-malam
    kalo malam-pagi pake bonusan Indosat yang 4 GB

    http://maskurmambang.com/2014/01/30/install-bbm-di-galaxy-ace-s5830-bisa/

  4. ipanase says:

    kalau sini sih
    konek sudah syukur :(

  5. Teguh says:

    Untuk mobile broadband saya pilih operator 3 dibanding Telkomsel. Memang kalau Telkomsel sinyalnya lebih kuat, dan banyak terdapat repeaternya didalam gedung perkantoran selain indosat, tetapi dibayar lebih mahal untuk paket internet tentunya.

    Kecepatan download dan upload operator Three termasuk cepat. Saya sudah coba di sekitaran Thamrin, Rawamangun, dan Depok (tercepat di depok) untuk download file ratusan MB dan upload foto, kirim email tidak ada kendala. Kecuali pas quotanya sudah terlampaui. :D

    http://yanuartotw.com/2014/01/30/ternyata-di-kalimantan-ada-bajaj/

  6. Teguh says:

    @ipanase – nge-Net di Warnet pan. lancar jaya.

  7. theblogname says:

    kalo open vpn gtu gmn ms? kenceng dan non quot jga

  8. pak tarno says:

    2 operator yg ente sebutin di artikel ini RIBET BANGET.
    yg satu jaringan luas tapi mahal
    satunya lagi kuota gede tapi tukang tipu.
    masa iya lu mau internetan di jam kalong. tidur aja enak.
    .
    ane sih pengalaman pake 2 kartu diatas.
    tapi sekarang ane cobain tri.
    beli yg murah 2,5 GB rp 25.000. aktif setaun.
    jaringannya lumayan sih, di desa juga nyampe walau cuma 3G.
    kalo kota ya super kenceng lah, dan gak perlu ribet ama jam kalong.
    ane bukan jualan loh ya, cuma pengalaman aja

  9. sawal says:

    sy pake tri ( 3 ) jossss gandoss…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *