Puasnya memakai generasi mesin advanced SOHC New Jupiter MX

MX Strada

Salam sejutaumat, mas bro sekalian mungkin kalau mas bro sering mampir ke warung ini akan tau kalau empunya blog sering membahas kelebihan-kelebihan NJMX, MX Strada adalah salah satunya yang menjadi tunggangan harian EYD. Wajar salah satu titik mula membangun blog ini memang ingin sharing tentang pengalaman menggunakan NJMX kepada pembaca sekalian. Nah melalui artikel ini secara khusus EYD ingin rangkum kembali apa-apa yang puas dari menggunakan NJMX setelah hampir 3 tahun berjalan.

Dasar EYD sharing di artikel kali ini adalah setelah begitu banyak melewati berbagai pengalaman berkendara (sebagai user tentunya) dengan NJMX apalagi pengalaman yang terakhir sering menghadapi jalanan banjir dan ternyata lagi-lagi NJMX bisa memenuhi ekspetasi EYD akan kendaraan tangguh untuk harian. Boleh dibilang hampir tanpa cacat bin rewel dari NJMX selama ini, karena itulah EYD coba rangkum semuanya apa-apa yang puas dari NJMX ini.

135 LC4V engine

Dari sisi mesin diakui atau tidak, mesin yang diusung NJMX boleh dibilang bukan mesin bebek biasa bahkan dibanding dengan mesin beberapa motor batangan mid-end sekalipun mesin NJMX adalah generasi mesin advanced SOHC yang ada saat ini. Dengan Liquid Cool dan 4 Valve yang selama ini menjadi ciri khas dari mesin MX. Bahkan sangking advancednya, basis mesin SOHC 4 klep ini dijadikan basis untuk mesin Vixion, R15, R125 yang berskala global, CMIIW.

Mulai dari teknologi penggunaan 4 klep itu sendiri yang terasa banget manfaatnya untuk menggali torsi lebih besar sejak putaran bawah. Kata orang 4 klep ribet, tapi bagi EYD sebagai end user sama sekali gak merasakan kerepotan. Toh klep NJMX tak perlu sering-sering distel, cukup 50.000km sekali bagi MX Strada dan itupun serahkan ke tangan mekanik berbarengan dengan jadwal service rutin.

Lalu penggunaan water cooled jelas membuat sistem pendingan mesin lebih baik dari tipe air cooled. Tidak ada indikasi mesin gampang kepanasan, kecuali beberapa waktu lalu pernah mesin mengalami overheat itu pun karena macetnya bener-bener parah stuck gak jalan ditempat selama hampir 1 jam ditempat. Juga pernah overheat kedua kalinya karena motor diam ditempat terjebak tanah merah yang mengunci spakbor, ada mungkin 1 jam lebih terjebak di lapangan tanah merah gak bisa bergerak. Untuk perawatan pun cukup mudah, hanya perlu melakukan pergantian air radiator setiap 9.000km sekali.

NJMX setelah 80.000km

Diasil Cylinder dan Forged piston, jelas ini nilai lebih dari mesin bebek super New Jupiter MX. Dengan kombinasi keduanya selain bahan minim gesekan dan semakin ringan juga menjamin umur mesin lebih awet dari model piston biasa. Secara feeling berkendara dengan komponen ini akselerasi mesin lebih cepat karena minim gesekan antara piston dan cylinder. Jujur sudah sejauh 80.000km pemakaian ini MX Strada sendiri belum perlu untuk masuk service besar, karena selama mesin masih ok secara feeling untuk dibejek hingga limit wilayah jeroan mesin gak usah disentuh. Untuk lari 115km/jam mah masih ecess buat MX :D

Yang berikutnya adalah TPS (Throttle Position Sensor) yang berfungsi membaca bukaan throttle pada karburator untuk memberikan perintah ke komponen CDI memberikan pengapian yang tepat sesuai besaran BBM yang masuk. Sebagai end user biasa, adanya TPS ini terasa banget manfaatnya konsumsi BBM lebih irit (asal tepat setting TPSnya) dan mesin gampang hidup di pagi hari jauh dari gejala brebet.

Terlepas dari sektor mesin yang tergolong sudah advanced, dari sektor lainnya pun banyak didapatkan kepuasan dalam sensasi berkendara di NJMX ini. Contohnya untuk yang versi kopling di MX Strada, kabel kopling hampir jarang distel, aneh memang sudah sejauh ini tarikan kabel kopling NJMX ya segitu-gitu aja gak pernah berubah menjadi kendor atau keras. Selain itu pindah gigi di NJMX ini juga enteng, tidak perlu bejek tuas persneling terlalu dalam.

Last banyak catatan-catatan lain tentang kepuasan ini yang pernah EYD tulis di artikel terdahulu, mungkin mas bro sudah pernah membacanya. So puas dan nyaman dengan mesin advanced NJMX, inilah salah satu faktor yang bikin EYD tetap betah menggunakan motor bebek (super) dan ogah pindah haluan ke motor batangan.

Related Post:

Apa yang puas dari NJMX setelah 60.000km?

Apa saja yang ‘puas’ dari NJMX setelah 50.000km?

This entry was posted in Dunia Motor, Ngeblog, Yamaha and tagged , , , . Bookmark the permalink.

0 Responses to Puasnya memakai generasi mesin advanced SOHC New Jupiter MX

  1. ipanase says:

    mesin vixon memang jossss
    1. rantai suka kendor?
    2. olinya apa suhu
    3. kampas koppling yang awet ape ya

    • EYD says:

      1. rantai suka kendor iya pan kalau sering digeber di atas 100kpj, seminggu udah kendor
      2. olinya tetep standar pabrikan wae, Yamalube
      3. sampe detik ini (80.000km) belum ganti pan

  2. Motor Fairing says:

    gen Jupiter MX memang motor bebek paling bagus.
    old MX 2007 sampai sekarang feeling mesinnya jg masih kaya baru, kondisi standar.
    rangka bebek mesin advanced.

    • EYD says:

      walau ada saingan mesin CS1, tapi CS1 cuman menang di sisi power atas sedikit, sisanya masih banyakan menang MX

      1. part murah
      2. kalau bosen dengan power saat ini, mudah upgrade ke 150cc (blok VixioN)
      3. irit

      • Motor Fairing says:

        power lebih gede CS1 tapi MX lebih cepat, enteng, dan gampang digali power maksimumnya.
        kalah di topspeed tapi dlm kondisi real di jalanan, lebih cepet nyampe tujuan pake MX daripada CS1 (kalo ane).

        • pak tarno says:

          tull, apa artinya top speed tinggi kalo tarikan dikorbankan.
          dan jangan heran kalo cs1 yg 125 cc bisa lebih boros dari MX sekalipun.
          bahkan dibanding vixion kadang masih iritan vixion, jajalen ndang.

  3. Daris says:

    Old mx 2006 ane aja masih bisa tembus 110 kpj di GPS xperia L, padahal belum pernah ganti kampas kopling & rantai keteng

  4. moch rasyiid says:

    setuju…sepakat..ane pake beberapa type..paling joozz ya si mx ini….

  5. donimagie says:

    pernah punya yg old-kopling, midah-minim perawatan, mesin joss mumpuni..nyaman..puas deh…

    sayang dicuri maling….sialan!

  6. nobita says:

    Jupiemx MT 06-2006 dirumah, 87.462 km.
    sekarang ada bunyi zing..zing.. dari bagian dekat water pump kalau mesin udah panas (posisi gas stasioner) kalau gas ditarik bunyinya hilang, kalau mesin di matikan terdengar bunyi ngiiikk..ngiiikk, analisis sementara seal waterpumb udah kalah…
    mungkin bro punya pengalaman masalah ini..?

    selebihnya belum ada kendala berarti kecuali shock belakang yang sepertinya minta ganti.

  7. brigade jalan raya says:

    motor berberkah itu kang. kalo orang baik dapat fasilitas yang baik juga, insya Allah.

  8. Rtr says:

    Patut di syukuri.

  9. Motor Fairing says:

    tips buat yg pngn meningkatkan tenaga NJMX yg dijamin aman hampir tanpa risiko di mesin.

    1. lepas gear one way electric starter. mesin lebih enteng & RPM cepat naik.
    2. air filter replacement. merk yg recommended: Ferrox.
    3. koil YZ125 japan.
    4. cdi programmable. limiter cukup diset 10.000 biar tetep awet. mapping disesuaikan biar pas pake bbm pertamax.
    5. rantai DID, gearset SSS. atau kl mau gampang langsung 1 set Sinnob. rasio sesuai standar gak masalah. atau kl mengejar top speed cukup gear belakang cukup turun 1-2 mata. bisa kombinasi 14-36/37 akselerasi terasa gak berkurang malah nafas lebih panjang & hemat oper gigi.
    6. XCS Hurricane biar arus aki stabil.
    7. per kopling daytona, tarik tuas tetep empuk cm lebih cepat mbaliknya.
    8. jetting karbu & seting TPS (biasanya amannya di angka 0,68-0,70).

    cukup pnp tanpa korek-korek.
    130 km/h enteng nafas panjang. dijamin NVL standar lewat hehe..

    • boim bo says:

      sekalian aj dijadiin mx150 …pake blok vixion + cdi brt + atur sproket…
      dijamin nvl / cbsf lewat jauh… bahkan cbr pun dibikin ketepotan…

  10. Setia Budi says:

    ikutan nimbrung ya….

    jika di tilik dari teknologi yg disematkan pada njmx maka saingan terdekat di pasaran saat ini hanya satria fu dan cs-1. satria fu unggul kubikasi yg 150 cc dan output power yg lebih besar. tapi minus liquid cooled karena sistem pendinginannya mengandalkan air cooled dan oil cooled. sementara cs-1 bisa di bilang lawan yg sepadan. hanya saja cs-1 dan juga satria fu di lepas dengan harga yg jauh lebih tinggi. sehingga njmx yg memiliki kesetaraan teknologi dgn kedua pesaingnya tersebut namun memiliki keunggulan dari sisi harga yg lebih kompetitif.

    bahkan jika kita ingin membandingkan njmx dengan sepeda motor jenis lainnya yg memiliki kisaran harga yg sama dgn njmx yg di kisaran 16 – 17 jutaan OTR sebut saja seperti verza 150 yg notabene sport batangan dan supra-x pgm-fi helm in yg sudah mengandalkan injeksi, njmx memiliki keunggulan komparatif dari sisi teknologi. kekurangan njmx hanya satu yaitu belum mengaplikasi sistem injeksi. dikatakan kekurangan alasannya karena trend pasar dan regulasi yg menuntur dan mensyaratkan teknologi yg efisien dlm konsumsi bahan bakar fosil dan ramah lingkungan rendah emisi. meski sebenarnya konsumsi njmx tidak bisa dikatakan boros mengingat output powernya juga lumayan besar tapi karena trend yg disebutkan tadi dan mindset masyarakat umum tentang teknologi injeksi yg memberi kesan canggih, rendah emisi dan up to date sehingga sistem supply bbm dengan karburator di anggap lebih boros – tidak ramah lingkungan dan out of date. namun terlepas dari semua itu jika di tilik dari aspek teknologi yg disematkan, kualitas dan durability yg sudah teruji dan harga yg ditawarkan maka bagi saya pribadi njmx adalah best choice dan patut di lirik khususnya bagi calon buyer yg melek teknologi per-sepedamotor-an.

    secara teknologi dan kualitas produk yamaha tidak diragukan lagi. kualitasnya teruji waktu.

    iklan banget ya? wkwkwkwk

    salam garpu tala…..

    • EYD says:

      Gak mas Budi, memang begitu adanya :D wajar waktu dulu pengenalan awal2 di akhir 2005 Yamaha berani uji test ketangguhan Jupiter MX se-asia tenggara, karena memang dari sisi frame, engine 135cc liquid cooled 4v ini adalah project global asia tenggara yang bukan main-main

  11. Motor Fairing says:

    yup terlepas dari selera, brand minded, dan unsur subjektif lain, utk range < 20 jt, NJMX merupakan pilihan paling worth it.

    1. mesin mumpuni, lumayan kencang walau bukan yg terkencang, handal, awet, konsmumi BBM sebanding.
    2. di dalam kota sasis enak ditekuk-tekuk, anteng. anteb, rem pakem. mungkin cuma kalah dari adiknya sendiri Jupiter Z1.
    3. kestabilan lumayan yahud. riding jarak jauh nggak khawatir lagi. tingkat kenyamanan hanya kalah dr motor batangan (Verza, Thunder, NMP).
    4. perawatan murah, mudah, & parts melimpah.

    kesimpulannya di luar sisi teknis mesin, secara keseluruhan NJMX ini memang motor yang nggak main-main kualitasnya. bisa dibilang the ultimate pairing of engine, frame, & chassis. paket lengkap dr sebuah motor.

    just my 2 cents. maaf kalo kurang berkenan.

  12. yanda says:

    Partnya mahal2 fk sih mas endrik?kk ipar sy pny old mx,3thn ngejogrok ngenes deh ngekiatnya gara2 ush naek ninin si bebek gk siurua.pgn ane restorasi ulang nih

  13. hi hi hi says:

    framenya mantep, jatuh berapa kali masih lurus. banjir babat terus….
    jadi kangen ama blue thunder….

  14. Anta Olala says:

    Wah…. dengar penjelasan kang EYD…. saya jadi kangen pengen punya jupiter mx lagi….

  15. KEBAIKAN says:

    Shock NJMX 2010 akhir saya cepet banget rusaknya, 23rb km dah minta ganti. Hiks… Hiks…

  16. pengalaman saya dulu pake old mx selama 7 tahun juga merasakan kalau mesinnya termasuk bagus di kelasnya. kelemahannya di suspensi yang terlalu empuk.

  17. Heru Kresnanto says:

    banyak kelebihan MX….hanya satu sektor yg saya tunggu2 dari dulu…yakni…injeksi…….

  18. zablenx says:

    kekurangannya cuma satu…..motor yamaha belinya gak boleh cash harus kredit…….capek deh….!!!!!????bukan BC, tp pengalaman pribadi…..!!

  19. jmcjkt says:

    bro,ada yg tau kapan mx injeksi di produksi,atau ada yg tau di negara mana dh di produksi,? terus menurut bro sekalian disini,mana yg menurut bro sekalian lebih bagus,antara mx dgn karbu atau mx dengan sistem injeksi.tksh salam garputala,salam dari kami jupiter mx community jkt.(jmc)

  20. willi says:

    http://willykk.wordpress.com/2014/03/28/new-jupiter-mx/

    Kekurangan mx cuma :
    1. Analog speedo
    2. Karbu, pdhl di thai sana ga ada mx karbu.
    Usul sy, ayo dong yimm segera jual part injeksi mx supaya sy bisa segera ganti, kan itung2 turut kurangi polusi n konsumsi bbm. Huhuh

    Nitip n ijin copas ya pak eyd thx :)

  21. Badie says:

    Salam kenal bro,,ane user jupiter MX Manual thn.2006.

  22. Fari fairis says:

    suara ngoroknya mulai ilang di KM brapa ya, mas..?
    punyaku, udah 8000 KM, masih nyaring bgt suara krok-krok nya…

  23. hendra says:

    Pak mau tanya kenapa yah disekitaran gir belakang ane kalo jalanan rusak bunyi kletek2 kaya ada baut kendor gtu..tapi pas dicek semua kenceng2 aja -_-

  24. Ryan says:

    Bro ane mau tanya nih, mx ane ngempos2 mulu knp ya? Udh bolak balik ke “beres” ampe bingung mekanik’a.. Trus udh di pakein pertamax masii aj ngempos.. Jd klo lg di gas brasa ga ad gas’a jd kosong brasa mesin mati trs bunyi “ngoookkkk” di tengah2 bodi yg buat naro karbu.. Itu kira2 knp ya? apa mungkin musti naekin PJ ? Ato mungkin ad kotoran ke sumbat tp ga terlihat sampe2 mekanik yamaha bingung.. Tolong donk bro solusi’a yg tau.. Motor ane kluaran 2012 udh 33.500km.. Sering kluar kota nih.. Mohon bantuan’a ya bro skalian yg ngerti.. thx

  25. dio says:

    nas bro smua..
    saya pngn beli mtr nih tp bingung pilih new mx atau nvl. kegiatan mtr an saya paling juga cuman dipake buat harian sama turing sama mungkin ikut fun race.. nah mnrt mas bro mnding saya ambil yg mana? saya mikirnya kalo ambil mx mungkin modif murah tp ntr malah bnsin boros buat turing dan harian bikin tekor tp kalo nvl tkut memaksimalkan part mesinnya mahal.. mohon sarannya mas bro,tks

  26. yoga says:

    mas si mx itu pengoprasian gear nya gimana? sama kaya vixion atau kaya motor bebek biasa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *