Lanjutan tentang komputasi awan: Cloudflare Free (bag. 2)

Cloud Computing

Salam sejutaumat, mas bro sekalian kita lanjutkan pembahasan artikel kemarin tentang komputasi awan, yang belum baca sebelumnya monggo klik disini. Dalam artikel ini kita akan coba mengulas salah satu penyedia layanan Cloud yakni Cloudflare.com, namun pembahasan dipersempit untuk fitur Free DNS yang ditawarkan oleh CF. Fyi, Cloudflare layanannya meliputi  layanan berbayar dan juga gratis, kita bahas yang paket gratisnya saja, salah satunya fitur DNS yang disediakan CF.

Sebelum lanjut, bagi mas bro yang belum mengenal apa itu free DNS, berbeda dengan layanan semacam opendns ataupun dns Google (8.8.8.8), DNS yang dimaksud disini adalah layanan nameserver yang dibutuhkan oleh nama domain untuk bisa menunjuk alamat hostnya berada di IP server mana. Sebagai contoh DNS dalam dunia hosting, domain sejutaumat.com ini hosting di Masterweb, secara default domain tersebut menggunakan DNS milik provider hosting.

Name Server: DNS1.MASTERWEB.COM
Name Server: DNS2.MASTERWEB.COM
Name Server: DNS3.MASTERWEB.NET
Name Server: DNS4.MASTERWEB.COM

Maka keempat DNS itulah yang bertanggung jawab mengarahkan domain sejutaumat.com berada di server apa. Bisa dicek via nslookup atau perintah host;

C:UsersEndrix>nslookup sejutaumat.com dns1.masterweb.com
Server: dns1.masterweb.com
Address: 202.78.200.59

Non-authoritative answer:
Name: sejutaumat.com
Address: 75.126.65.36

Dari sini dapat dilihat informasi IP server hosting sejutaumat.com adalah 75.126.65.36. Betapa sangat vitalnya fungsi DNS dalam keberlangsungan akses terhadap suatu domain, maka umumnya DNS server tidak boleh 1 mesin, minimal dua atau lebih mesin. Jika dns server mati, maka semua domain yang terkait menggunakan DNS tersebut otomatis tidak dapat diakses di seluruh jaringan internet dunia, karena tidak ada server yang menjawab setiap permintaan request lookup dari user.

Sebetulnya dengan menggunakan DNS dari provider hosting dimana domain kita menyewa space itu sudah cukup, namun kadang ada kebutuhan dimana kita ingin tidak sekedar DNS yang bisa menjawab setiap permintaan lookup entah itu A record, MX, CNAME, tapi kita membutuhkan layanan yang lebih seperti filtering security di level DNS, caching, bahkan load balancing. Nah Cloudflare adalah salah satu layanan yang menawarkan fitur-fitur tadi, so mari kita mulai mencoba step by step penggunaan Cloudflare.

1. langkah pertama daftar akun terlebih dahulu bagi yang belum memiliki akun https://www.cloudflare.com/sign-up

2. setelah proses sign up, mas bro akan diarahkan ke halaman dashboard awal untuk menambahkan domain/website yang ingin dimanage. Coba masukkan nama domain yang ingin menggunakan DNS CF ini, setelah itu klik “Add website”

Cloudflare

3. Cloudflare akan melakukan scan beberapa saat record dns eksis dari domain bersangkutan, tunggu jika selesai CF akan menampilkan tabel list record-record DNS yang berhasil discan seperti  A record, MX, CNAME record, etc.

Cloudflare

4. Di tabel ini mas bro diperkenankan untuk mengedit atau menambah record baru, jika sudah yakin ok lanjut dengan mengklik “I’ve added all missing records, continue

Cloudflare

5. Selanjutnya pilih paket yang ditawarkan, dalam hal ini pilih Free plan, lanjut klik Continue.

Cloudflare

6. Di halaman selanjutnya akan tampil informasi DNS yang akan kita gunakan selanjutnya untuk isian nameserver domain kita. DNS ini sifatnya unik per user di Cloudflare, jadi 2 DNS milik kita tidak akan bisa digunakan domain lain yang berbeda akun di Cloudflare-nya. Silahkan mas bro login ke control panel domain dimana mas bro membeli nama domain untuk mengupdate DNS seperti yang diminta CF. Untuk propagansi DNS kurang lebih membutuhkan waktu maks. 1×24 jam resolve. Jika sudah diupdate, klik “I’ve updated my nameservers, continue

Cloudflare

7. Sampai disini langkah-langkah pendaftaran Cloudflare sudah selesai dan mas bro bisa melakukan setting DNS seperti penambahan dan pengubahan A record, MX, CNAME yang diinginkan. Akses ke halaman DNS Manager bisa mas bro lihat pada gambar di bawah ini, klik panah > DNS Setting.

Cloudflare Cloudflare

Monggo jika ada pertanyaan atau kesulitan bisa isi kolom komentar, semoga bermanfaat.

This entry was posted in Internet, Internet Networking, Ngeblog and tagged , , , . Bookmark the permalink.

0 Responses to Lanjutan tentang komputasi awan: Cloudflare Free (bag. 2)

  1. EYD says:

    Testing komen via Android apps

  2. ipanase says:

    nggonaku di awan enake opo lek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *