Blogger test ride New Vario FI dan New Blade 125 FI berbarengan

New Blade 125 FI

Salam sejutaumat, mas bro sekalian mohon maaf jika blog agak lama tak terupdate dikarenakan EYD lagi fokus mempersiapkan dua perjalanan panjang dalam waktu dekat. Insyallah saat perjalanan panjang blog ini akan autopublish layaknya autopilot :) OK langsung saja walau agak telat melaporkan sesi riding experience Minggu lalu dari dua motor Honda terbaru oleh sahabat-sahabat Blogger. Acara berlangsung di Gudang Main Dealer Wahana Makmur Sejati Jatake – Tangerang.

Dengan launchingnya 2 motor injeksi yakni Vario 110 FI dan New Blade 125 FI, tuntas sudah komitmen AHM untuk menginjeksikan semua line upnya. Loh tapi kan masih ada Tiger atau CS1 yang masih karbu, hehehe..kedua varian ini gosipnya telah didiscontinue, bisa jadi bener-bener New Product yang akan lahir dari kedua motor ini, kita simak saja running timelinenya ke depan.

New Blade 125 FI

Kembali ke 2 produk anyar dari AHM ini, kita mulai dari Vario 110 FI dulu. Saat presentasi produk ke blogger, EYD melihat bahwa Vario 110 FI ini kaya banget fitur-fitur yang dibenamkan, dan salah satunya akan menjadi trend setter baru, yakni kehadiran LED  Headlight. Blogger sangat menyambut positif terobosan AHM ini dan berharap di semua lini motor berikutnya bisa menyematkan fitur wah ini.

Kalau di Vario 110 lama di area deck tidak ada bagasi (Inner Rack) maka di versi yang baru sekarang sudah diberikan 2 Inner Rack kiri dan kanan.  Sebelah kiri bisa dipakai untuk menyimpan botol minuman 1 literan, sedangkan sebelah kanan bisa digunakan untuk menyimpan sarung tangan atau mungkin duit recehan untuk parkir :D Yang jelas fungsional bangetlah.

Vario 110 FI

Buka area bagasi di bawah jok, AHM memperluas kapasitas bagasi menjadi 13 liter. Yaa walau belum helm-in tapi sudah cukup luas untuk menyimpan 1 set jas hujan, sepatu atau lainnya. Lalu untuk pembuka jok juga sudah menggunakan tombol pembuka dekat rumah kunci, makin praktis aja.

Yang EYD suka lainnya di fitur Brake Lock, sudah persis dengan yang dimiliki Vario 125 FI, jadi pengoperasin Brake Lock cukup dengan satu tangan.

tester_blogger01

Nah yang kedua menurut EYD yang akan menjadi trend setter selanjutnya adalah keberadaan fitur Answer Back System, mirip-mirip kunci remote pada mobil yang akan berbunyi jika ditekan. Fitur ini berguna saat motor berada di kerumunan parkir motor yang luas, dengan sistem Answer Back System ini, motor akan berbunyi sembari lampu berkedip-kedip. Josslah mudah-mudahan akan diikuti oleh motor-motor lain nantinya.

Untuk area lampu belakang terlihat  secara subjektif EYD masih lebih srek model lama yang kesan elegannya kental. Begitu juga dengan model batok kepala bagian depan juga sedikit lebih imut dan 11-12 mirip punya Beat FI, hm..kurang elegan sektor ini EYD nilai.

Spesifikasi Vario 110 FI terbaru adalah sebagai berikut mas bro:

Diameter x Langkah: 50 x 55mm
Volume Silinder: 108cc
Perbandingan Kompresi: 9,2 : 1
Daya Maksimum: 8,52 PS / 8000rpm
Torsi Maksimum: 0,89 kgf.m / 6500rpm
Berat Kosong: 95kg
Kapasitas Tangki: 3,7 liter

Untuk impresi riding nanti dulu ya, di bagian akhir artikel saja sekalian :D Sekarang kita lanjut untuk Honda New Blade 125 FI. Dari presentasi yang dijabarkan AHM ke rekan-rekan Blogger, naiknya CC menjadi 125 ini karena masukan-masukan dari konsumen setia Honda yang menginginkan performa atas varian New Blade ini.  Kapasitas 110 dirasa kurang nampol untuk ukuran motor ini, hm..masuk akal juga sih, body sudah racy tapi mesin kedodoran karena kecilnya kapasitas mesin.

Apa saja yang ditawarkan New Blade 125 FI ini ketimbang versi lawasnya, yuk kita absen satu per satu.

Untuk body secara kasat mata bisa mas bro lihat sendiri gak ada perubahan signifikan, yang tampak berbeda mungkin sektor knalpotnya saja desain berubah ke arah midship.  Yang pasti lebih proporsional dan enak dipandang ketimbang model lawas.

Basis mesin yang dipakai masih menggunakan basis milik Supra X 125 PGM-FI, so secara power masih mirip-mirip  dimana perbandingan kompresi New Blade 125 FI ini 9,3 : 1 Daya maksimum 10,1 PS / 8.000 rpm dan Torsi maksimum 0,95 kgf.m / 4000 rpm. Dari sini bisa terlihat New Blade 125 FI lebih ditekankan ke akselerasi

Gimana impresi riding keduanya, hadeuh ini salah satu yang EYD kurang puas saat sesi test ride kemarin, bukan kepada motornya, tapi track lintasannya itu loh. Lintasan yang dipakai kebetulan track milik Wahana Makmur untuk Safety Riding. Jadi pure cuma track belok-belok tanpa ada trek lurus signifikan. Alhasil yang tadinya pengen tau sejauh mana power atas New Blade 125 FI, tak bisa dirasakan dan digambarkan. Jadilah test kemarin hanya sebatas muter-muterin track, yang bisa dirasakan impresinya hanya bagaimana suspensi dan bagaimana motor diajak rebah-rebahan. Jujur untuk urusan rebah kemarin Vario 110 FI lebih enak diajak rebah ketimbang New Blade 125. Tarikan bawah Vario juga smooth terasa, entah deh kalau putaran atasnya bengis gak, secara sudah tidak menggunakan pendingan air lagi seperti gen sebelumnya.

Blogger with AHM

Last buat EYD yang menarik disini adalah, semua jajaran motor AHM sudah tuntas beralih ke injeksi semua, genap 13 motor telah injeksi. Nah yang  menarik adalah “what next”. Motor apa yang akan keluar setelah ini, bayangannya sih sudah masuk fase motor-motor sport yang bakalan dirilis. Tahun 2014 ini memang akan menjadi tahun perseteruan motor-motor sport dari banyak pabrikan, mulai Yamaha, Kawasaki juga Honda, entah kalau Suzuki ikutan.

Yo wis mas bro ini dulu artikel telat review Honda Vario 110 FI dan New Blade 125 FI. Lanjut lagi kesibukan di dunia nyata ala EYD :D

yang punya gudang :)

yang punya gudang :)

This entry was posted in Dunia Motor, Honda, Ngeblog and tagged , . Bookmark the permalink.

0 Responses to Blogger test ride New Vario FI dan New Blade 125 FI berbarengan

  1. Aa Ikhwan says:

    uhuuuy .. ajib kang :D

  2. dadang says:

    makin kompak aj mas.

  3. motobikerz says:

    Mau berbagi pengalaman pakai ban motor Michelin?
    Dapat hadiah sepasang ban Michelin
    http://motobikerz.com/archives/3057

  4. RPMspeed says:

    wah wah honda semakin maju dalam teknologi :D

    —————————————–
    Sisi Positif Untuk Para Modifikator
    http://rpmsuper.wordpress.com/2014/04/09/sisi-positif-kelahiran-yamaha-yzf-r15/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *