TVS Apache RTR 180 XVENTURE, Cikal Bakal TVS menggarap segmen motor touring?

apache rtr 180 xventure

Salam sejutaumat, mas bro sekalian Selasa kemarin blogger kembali diundang oleh salah satu ATPM dari India yakni TVS yang menggelar acara press conference penutupan event RTB (Round the Borneo) yang telah berhasil melintasi jalur ekstrem di Kalimantan menggunakan sepeda motor handal milik TVS, yakni Apache RTR 180. Salah satu team di dalamnya sebagai Road Captain RTB project adalah juga rekan blogger mas bro Andry Berlianto. Wis EYD kenal banget siapa mas bro yang satu ini, rekan blogger yang doyan touring jarak jauh.

Dalam press conference wakil dari team RTB ada Rere, Aji, dan lupa namanya satu lagi :D diberikan kesempatan untuk memberikan testimonial tentang motor TVS Apache RTR 180 ini dalam perjalanan melibas berbagai medan di Kalimantan. Salah satu impresi memuaskan yang dilontarkan mereka salah satunya adalah sektor suspensi motor yang mereka bisa banggakan, karena melibas jalanan hancur lebih dari 115km suspensi tetap bekerja dengan baik dan tidak ada gejala seal bocor. Dari sektor mesin juga patut mereka acungi jempol karena gak ada malfunction selama perjalanan menempuh 10.426km.

apache rtr 180 xventure

“Dari sinilah maka pihak TVS semakin pede dan yakin bahwa Apache RTR 180 ini memang terbukti sangat tangguh untuk dipakai touring, dan dalam kenyataannya di market, produk Apache RTR ini memang banyak dipakai untuk touring” tutur Pak Herry selaku Chief Marketing Officer PT. TMCI.

Membicarakan motor touring sudah pasti mindset terbayang bentuk stang baplang, posisi headlamp lebih tinggi ke atas,etc. Tapi dengan melihat penampakan Apache RTR 180 kemarin yang kini mengalami facelift tidak banyak perubahan signifikan ke arah kendaraan touring, hanya nempel stiker XVENTURE. Masukan buat TVS Company, jika kemarin secara gamblang ingin fokus di segmen motor touring dimana 2 raksasa Jepang belum terjun ke dalamnya, kenapa gak totally menyajikan produk sepeda motor dual purpose. EYD yakin jika TVS mau serius bermain di segmen ini, boleh jadi fenomena pabrikan geng ijo membawa Ninja 250 tahun 2008 kemarin bisa terulang kesuksesannya bagi TVS.

apache rtr 180 xventure

Kalau secara engine EYD yakin keluarga Apache RTR sudah dikenal tangguh, tinggal konsumen yang menginginkan motornya ingin dijadikan kendaraan touring perlu melakukan modifikasi disana-sini.

Berikut kutipan press conference yang EYD terima.

“TVS APACHE XVENTURE sejatinya produk re-launch dari produk pendahulunya TVS Apache 180. Akan tetapi filosofi tentang produk ini betul-betul baru, itu jawabannya mengapa kita harus me-relaunch produk ini. Peluncuran TVS APACHE RTR 180 XVENTURE untuk mempertegas posisi dari TVS APACHE RTR 180 sebagai pilihan mereka yang memiliki jiwa petualang dan pemenang. Mereka yang bermental pemenang ini, selalu ingin pencapaian yang lebih tinggi lagi. Dengan TVS APACHE RTR 180 XVENTURE mereka dapat ‘BERKENDARA TANPA BATAS, karena hanya langit yang menjadi batas pencapaian seorang anak manusia” tutur Herry.

TVS APACHE RTR XVENTURE dibekali mesin 177,4cc dipadu desain striping yang mempertegas sifat pengendaranya yang berjiwa petualangan, tarikan garis tajamlah yang menjadi ciri khasnya. Untuk ketangguhan TVS APACHE RTR 180 XVENTURE sudah teruji lebih dari 10.426KM di Lintas Borneo, Kalimantan dan expedisi 7 Danau di Sumatera (Saptaranu) 8500km. Sehingga kami berani menyatakan bahwa Apache 180 RTR sebagai the best motorcycle for adventure yang teruji dan TERBUKTI ketangguhan dan kehandalannya.

PT TMCI menargetkan penjualan Apache RTR XVENTURE sebanyak 400 (empat ratus) unit per bulan dengan harga yang ditawarkan Rp. 18.430.000,- on the road Jakarta. Selain itu, untuk pilihan warnanya, APACHE RTR 180 XVENTURE tersedia empat warna berkarakter dan menggoda, yakni Merah, Hijau, Hitam dan Putih.

Tak hanya itu, untuk mempermudah kepemilikan motor sport berkapasitas 180cc ini, PT TMCI juga bekerjasama dengan lembaga pembiayaan, untuk menangani konsumen yang melakukan pembelian secara kredit lewat Adira, Smart Finance, CSF, MTF, Mandala Finance.

apache rtr 180 xventure

Spesifikasi TVS Apache RTR 180 XVENTURE

Kapasitas Silinder: 177,4cc, SOHC 2 katup
Tenaga Maksimum: 17,03bhp/8500rpm
Torsi Maksimum: 15,5Nm/6500rpm
Bore x Stroke: 62,5mm x 57,8mm
Rasio Kompresi: 9,6 : 1
Tipe Karburator: Mikuni BS-29
Putaran Idle: 1400RPM
Pengapian: IDI – Dual Mode Digital Ignition

This entry was posted in TVS and tagged . Bookmark the permalink.

0 Responses to TVS Apache RTR 180 XVENTURE, Cikal Bakal TVS menggarap segmen motor touring?

  1. ipanase says:

    wah aku ra ono

  2. matinman says:

    juuuuooooosssss!!!!sayang di tempat ane dah Gulung tikar tvsny
    Jangan lupa di klik om
    http://visitmoney.net/?share=21302

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *