Telkomsel mencuri pulsa pelanggan!

Paket Data Telkomsel

Salam sejutaumat, mas bro sekalian apa yang selama ini pernah EYD dengar sebatas komplainan di suara pembaca media-media besar akhirnya dialami juga oleh EYD. Pengalaman yang kurang menyenangkan dengan salah satu operator telekomunikasi terbesar di Indonesia (Telkomsel) yakni kehilangan pulsa tiba-tiba yang seharusnya jika berdasarkan keterangan layanan paket data yang EYD gunakan masih dalam masa aktif.

Kronologinya adalah sebagai berikut coba EYD jabarkan, hari Jum’at kemarin (30/05) saat EYD sedang berlibur ke sanak family di PWK ada hal yang janggal dengan sistem perpanjangan paket data kartu simpati yang EYD pakai. Kebetulan EYD menggunakan paket data Ultima quota 3GB (65rb) sejak sebulan sebelumnya (01/05) yang akan berakhir pada hari Jumat itu 30 Mei 2014 pukul 23.59wib. Secara kebetulan saat sambil santai sehabis sarapan EYD memegang HP untuk sengaja menghabiskan quota Midnight sebelum jam 9.00wib pagi itu. Sembari blogwalking EYD sempatkan iseng cek pemakaian quota pada jam 8.58wib, saat itu masih terlihat normal quota Flash EYD masih tersisa 54MB, sedangkan quota Midnight sudah mulai berkurang karena pemakaian pagi ini (sebelum jam 9).

Alangkah kagetnya EYD saat pukul 9.01wib EYD coba iseng kembali memeriksa quota pemakaian di layar tampil info bahwa “Anda saat ini tidak berlangganan paket” alias 0 bytes data tersisa. Perasaan langsung tidak enak jangan-jangan pulsa utama kesedot, yap benar saja pulsa kesedot bukan main-main langsung Rp. 0,- mas bro, padahal sebelumnya jam 8.58wib pulsa masih aman jaya Rp. 73.355,-.

Dari kejadian EYD gak habis pikir ini pulsa hilang kemana? Ada 2 pertanyaan yang mengganjal untuk segera mendapatkan jawabannya.

  1. Kalaupun kesedot oleh GPRS setelah jam 9, sungguh sangat aneh hanya hitungan 1 menit EYD tidak melakukan apa-apa hanya cek email via aplikasi Gmail bisa menguras pulsa 70 ribuan (?)
  2. Yang kedua, bukankah paket EYD masih aktif hingga pukul 23.59wib malam nanti dan sisa data Flash pun masih lumayan sebesar 54MB, kenapa langsung di-cut secara sepihak oleh Telkomsel lebih awal jam 9 pagi (?)

Karena ketidakberesan ini (dan sebenarnya sudah 2-3x EYD mengalami kejadian kurang menyenangkan dengan paket data ini yang menyebabkan kehilangan pulsa menjadi 0) EYD segera menghubungi Contact Center Telkomsel di 188. Dari jawaban CS 1 bernama Mas Hari, dia mengiyakan dan memohon maaf karena ada masalah di seputar aktivasi/perpanjangan layanan paket data mereka. Di akhir pembicaraan si CS menjanjikan bahwa biasanya proses pengembalian pulsa adalah 1×24 jam dari laporan. Sampai disini OK, EYD menunggu.

Dasarnya EYD  masih penasaran dan ingin cepat-cepat pulsa dikembalikan untuk bisa mengaktifkan paket lagi, malamnya Jumat itu EYD pun kembali menghubungi CS Telkomsel di 188. Jawabannya berbeda dengan CS pertama sebelumnya, menurutnya proses pengembalian pulsa itu adalah 3×24 jam dari laporan masuk. Hm..sebagai pelanggan biasa EYD hanya bisa menerima penjelasan seperti ini dan berusaha sabar menunggu setelah 3×24 jam ini apa yang  terjadi. Dan di pembicaraan dengan CS kedua ini sempat menjanjikan dan menginfokan bahwa konfirmasi/notifikasi seputar komplainan saya akan diberitahukan 1×24 jam. EYD tunggu di hari Minggu, Senin hingga hari ini Selasa, tidak ada sms/notifikasi apapun perihal perkembangan laporan komplain yang sudah EYD layangkan.

Karena sudah keburu greget dengan layanan Telkomsel yang seperti ini, siang hari ini Selasa (3/6) EYD coba kembali menghubungi CS Telkomsel untuk menanyakan perkembangannya. Lagi-lagi jawaban diplomatis akan segera difollow up ke bagian terkait. Hm..EYD sempat dengan nada agak tinggi mempush kinerja CS yang terkesan bertele-tele, perusahaan sebesar Telkomsel masih seperti ini kinerjanya.  Saat ini EYD coba menunggu dengan sabar janji-janji CS yang katanya akan mengembalikan pulsa ke semula secepatnya.

image

image

Nanti jika ada perkembangan yang positif akan EYD update lagi mas bro, namun jika negatif berarti memang benar cerita dari banyak pengalaman konsumen Telkomsel bahwa “Telkomsel itu mencuri pulsa pelanggan sering!!”. Gimana dengan mas bro lainnya, adakah punya pengalaman yang sama kehilangan pulsa oleh Telkom? Monggo isi di kolom komentar :)

other case:
http://www1.kompas.com/suratpembaca/read/32250
http://www1.kompas.com/suratpembaca/read/33647
http://www1.kompas.com/suratpembaca/read/40653

http://hukum.kompasiana.com/2013/01/28/mama-minta-pulsa-vs-telkomsel-mencuri-pulsa-529345.html

This entry was posted in Ngeblog and tagged . Bookmark the permalink.

22 Responses to Telkomsel mencuri pulsa pelanggan!

  1. blueZ says:

    Telkomsel?? sy udah sering ilang pulsa… terutama di paket Flash itu…
    Sekarang make telkomsel cuma buat sms dan telpon…
    internet pake dr operator lain (hp 2 sim)…

  2. Yanda says:

    Saya pernah mas kejadian.pulsa ke potong sm telkomsel sekitar 50rban.tpi krn saya kerja vendornya si merah dan pny kenalan tim beck end support.jdi refundnya cepet.hehehe

  3. akiaki says:

    Oh itu mencuri pulsa nama nya, sering malahan, saya pakai BB simpati paket full service 99 rebu perbulan, pernah waktu itu mau habis tempo nya, pas itu masih ada pulsa sekitar 80 an rebu, terus di pakai anak puter lagu di youtube, pas di cek pulsa ke pakai tinggal 4 rebuan, padahal kalo paketan habis dan gak di perpanjang gak bisa buka internet apa lagi buka youtube, sering kayak gitu

    • Yanda says:

      Klo full service emg gk bs bro klo bwt streaming youtube.klo yg paket streaming youtube paket xtreme.cmiiw

  4. adullaji says:

    bukan simpati aj masbro Xl pun sama karang axsis pun sama jdi kya xl pket datanya tdk jlas…klo gni trus hrus cpat pindah kelain karti

  5. siaanangke says:

    coba di share ke suara pembaca surat kabar. Smoga cepat responnya….

    *ane juga pengguna telkomsel, pake bulanan bb biasa 70 ribu, skr 75 ribu:-(

  6. Izul says:

    Halah, cuman kepake (bukan hilang, karena memang ada penggunaan) Rp 70.000an aja komplain. Coba urus ke Grapari, belum waktu habis kebuang buat ngantri, makan siang, macet, dst, udah habis berapa ratus ribu tuh? Mending daripada ngedumel ya tinggal isi pulsa aja lagi kan beres? Daripada capek/repot ngurus kesana kemari tak tentu rudu bahis waktu, tenaga dan biaya, padahal belum tentu juga salahnya dia. Udah, diikhlasin aja, semoga amalnya jadi jariyah buat nyumbang BUMN di bangsa sendiri. Keep smile :)

    • EYD says:

      betul sekali, kalau harus urus ke Grapari, habis di waktu, tenaga dan ongkos yang bisa melebihi nilai 70rb itu sendiri, akhirnya di case-case seperti ini pelanggan yang akhirnya harus ikhlas merelakan kehilangan pulsanya.

    • billy says:

      inilah bodohnya orang indonesia. bagaimana ga dikerjain melulu konsumen indonesia kalo mentalnya seperti anda?pikir mereka, yah kalo cuma koar2x 2-3 orang ga masalahlah, yg penting bisa nyedot 70 rb x 100.000 pengguna/bln = 7 Milyar/bln.

      bukan masalah nominalnya bung, caranya nyari duit yg bikin jijik.

  7. Mas Wiro says:

    Semua operator sama pada tingkat kesalahan seperti itu.
    Kartu Kuning (M3) : belum ada setengah jam malah sudah ludes pulsa paket dan reguler. Padahal jelas ada notifikasi berupa sms bahwa paketan sudah bisa digunakan. Saya datangi langsung dan mencakČ…CSnya gak bisa jawab, hanya bilang sedang error, karena saya bisa menunjukkan sms notifikasi bahwa paketan sudah oke.
    Kartu Biru (XL) : sama juga seperti itu, ditambah sering blank spot. Rugi beli paketan, pulsa hilang gak bisa dipakai sama sekali. Mending masih bisa konek walau lemot. Ini blasss…
    Kartu Ungu (Axis) : Dulu joss…sekarang? Sama saja. Apalagi setelah “diakusisi” si biru
    Kartu Merah (Telkomsel) : Saya mengeluh tapi tidak pernah terjebak. Karena mengaktifkan alarm/reminder. Sehingga sebelum waktu habis saya sudah reload dan memperpanjang paketan. Bahkan paketan saya untuk malam hari (kalong) sudah puluhan Giga. Tapi akhirnya saat ini saya tinggalkan paketan kalong itu. Sekedar share saya pake 3 kartu merah saat ini. Disitu saya Simpati untuk call dan sms juga. Sementara 2 yang lain mengaktifkan internet dengan paketan yang tidak ngalong. Saya langganan Rp. 60.000,- dapat 4GB. Realistis karena bukan kalonger. Dan alhamdulillah ini solusi terbaik sampai saat ini. Gak pernah kliru dan gak harus melek malam… :D

  8. orong-orong says:

    untung ane gak pakai telkomsel

  9. Nama says:

    Komentarnya bego amat, artikel ini bukan untuk menghujat tp melalui artikel ini justru si penyedia layanan (telkomsel) harus memperbaiki sistemnya…
    Jadi, isi artikel utk sbg penyampaian aspirasi, jangan dianggap sepele, lw mau seisi BUMN (telkomsel) masa bodo sm pelanggan?

    Aduh… Sekolah gak sih?

  10. me says:

    Bro EYD, sy setuju dengan anda. Kemarin saya mengalaminya, kronologis: Kemarin Kamis 24 Juli 2014 pulsa utama masih ada (minim sekali tidak sampai Rp. 200,-) tapi paket internet masih banyak dan belum ada 1 bulan padahal aktifasi paket tanggal 10 Juli 2014, namun apa yg terjadi : paket 2 gb dari paket smartphone samsung telkomsel ludes habis dan cek *889# intinya saya tdk punya paket. (cek paket 25 juli 2014 jam 3 sore). Apa yg terjadi setelah itu??? Sekarang saya tidak dapat update dari kantor saya via bbm group, saya baru tau sore harinya. Saya rencana mengganti no dengan Pro XL mudah2an provider ini tidak akan menipu pelanggannya, seperti telkomsel yang sudah merusak nama saya dikantor saya bekerja, padahal saya setia dengan telkomsel sudah 5 tahun. Selamat tinggal Telkomsel Penjahat.

  11. ikhwan says:

    ini juga saya alami 2 September 2014, sama persis seperti kejadiannya masbro. dan sekarang juga masih menunggu respon dari CS yg katanya akan ditindak lanjuti dalam 3x24jam. mungkin ini cara marketing operator kartu seluler untuk mengejar target pendapatan dari penjualan pulsa. merampok pulsa konsumen.

    • Okky says:

      sama masbro..
      percuma lapor ke cs, ngeles aja kerjanya…
      gw juga ngalamin, gw beli paket 65rb 1 hari abis quota beserta pulsa gw kesedot krn internet gw aktifin terus.
      normalnya kan setiap kuota mau habis, ada notifikasi dr telkompret …
      ini ga ada, tiba2 habis aja…

  12. irwan says:

    Yup..akhirnya terjadi jg dengan sy…br sekali sejak 10 tahun yang lalu sy menggunakan telkomsel karena keterbatasan provider di jayapura.. barusan sy incall ke 188 untuk menindaklanjuti masalah yang sama dgn agan2 diatas yang sy alami 3 hr yang lalu..6 sept 14 dan kebetulan sy sdg bertugas di purwokerto jateng…jawaban yang sy dapat adalah ” silakan ditunggu lg 3×24 jam dan akan kmi tambahkan notes (kedengarannya sih bacanya “nouse”) krn bapak mempunyai capture tentang bukti pulsa dan kuota internet sblm dan sesudah melakukan download..”
    Hmm…ok..apa itu bs mengembalikan pulsa sy..ternyata jawaban si caroline cowo adalah kmi tidak bs menjamin utk bs mengembalikan pulsa bapak..dan km hanya mengerjakan perintah..tidak mungkin jg km patungan untuk membelikan pulsa bapak…jd kesimpulan sy yahh mungkin para kroco kroco di balik gagang telpon itu cuman tameng buat sistem pencari uang telkomsel untuk memenuhi kebutuhan liburan para petingginya yang denger2 setiap bulan liburan keluar negeri..dan mereka udah kebal jg dengan suara pembaca di media..karena walaupun ada surat pembaca toh mereka masih dibutuhkan oleh sebagian besar konsumen di pulau2 terjauh dr ibukota…
    Salam sejuta umat..

  13. wuri husen says:

    Hari ini sy jg mengalami kesedot 72ribuan…, ini yg kedua kalinya…diplomasi dan kata akhir grapari… skr habiskan saldo dan coba ke lain hati aja.

  14. ROMA says:

    Telkomsel memang maling Pulsa pelanggan,,,,ak baru tadi malam Bro aktifkan paket,,,masa 30 detik pk internet pulsaku kesedot Rp.65000,,,kurang ajar memang,,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *