Migrasi ke Google Apps, SMTP Gmail bisa dipakai untuk kebutuhan WordPress email notif

web server dns email process google apps

Salam sejutaumat, membaca judulnya mungkin agak bingung ya mas bro, buat apa sih :D Hehehe kali ini kita bahas artikel ringan teknologi informasi sekalian share. Jadi begini mas bro artikel ini berdasarkan apa yang terjadi di setting blog ini yang baru-baru ini sedikit ada kendala dalam penerimaan notifikasi email setiap ada komentar yang masuk.

Baru-baru ini EYD memutuskan untuk men-switch layanan mailserver untuk domain sejutaumat.com mengarah ke layanan Google Apps. Alhamdulillah layanan email untuk Google Apps sekarang sudah gak ada yang free sejak 2012 kemarin, beruntung di tahun 2011 kemarin domain ini EYD daftarkan saat layanan free masih tersedia. Jadi pelanggan yang memakai layanan Free masih tetap bisa pakai sampai sekarang, alhamdulillah ya :)

Kenapa EYD putuskan pindah ke Google Apps dari sebelumnya mengarah ke server hosting? Alasannya simpel mas bro, pertama sayang kalau layanan google apps free-nya gak dipakai, mubazir kan, sementara banyak orang yang berbondong-bondong mengharapkan bisa mendapatkan layanan free ini. Alasan kedua adalah sedikit alasan teknis mas bro, you know lah server Google terkenal paling bandel sedunia, infrastruktur Cloud Clusternya jempolan di bidang IT, dengan teknologi Cloud Cluster yang begitu besar dan tentunya sistem load balancing hampir-hampir jarang terdengar layanan Google apapun itu pernah down. So atas dasar tingkat trust atas performa layanan Google EYD ingin menjadi salah satu user yang menikmati layanannya.

Ok lanjut ke proses pemindahannya beberapa hari lalu. MX record sudah EYD pointing dari DNS Manager untuk mengarah ke MX Google Apps, gak pakai lama hanya 5 menit tes kirim email dari luar ke @sejutaumat.com terpantau langsung lancar jaya. Nah pengaturan lanjutannya karena domain ini hosting di masterweb yang menggunakan Spanel, ada sedikit pengaturan di Spanel untuk merubah setting jenis penerimaan email dari MX Primer ke MX Remote. Kalau gak disetting seperti ini maka fungsi skrip php mail() akan membaca alamat email @sejutaumat.com selalu ke lokal, yakni ke akun yang eksis di server hosting itu sendiri. Php mail() sendiri adalah fungsi yang dipakai WordPress untuk mengirim email seperti untuk mengirim notifikasi email saat ada komentar masuk.

Nah setelah seharian mulai merasa janggal kok gak ada email notifikasi padahal ada beberapa komentar blog yang masuk. Hm..cukup lama menganalisa penyebabnya kenapa dan darimana yang pada akhirnya tetap belum ketemu. Cek di log mailserver hosting terlihat normal tercatat transaksi email setiap ada komentar masuk, tapi kok gak sampai ke email tujuan ya yang saat ini akun email sudah berada di Google Apps. Sempat mencurigai masalah ada di Spamexperts (smtp relayer yang dipakai oleh server hosting) dan juga sempat mencurigai konfigurasi firewall di Cloudflare.

Ya sudahlah gak mau terlalu lama gak ketemu solusi, langsung kepikiran pakai opsi kirim via SMTP saja. Hehehe..maaf mas bro artikel jadi semakin panjang padahal ini cuma artikel ringan di Sabtu pagi ba’da Subuh. Ok mau lanjut ya, lumayan buat yang mau memahami konsep email, EYD bisa sharing. Nah kalau di CMS lain seperti Joomla sudah ada pengaturannya untuk men-switch fungsi mail() php menggunakan SMTP, tapi kalau di WP ini gak ada harus menggunakan plugin. Yo wis googling sebentar mencari dengan kata kunci “wordpress smtp gmail” dan akhirnya ketemu satu plugin bernama WP Mail SMTP. Sebenernya plugin ini bisa diaplikasikan untuk menggunakan SMTP apapun selama memiliki otentikasi username dan passwordnya, namun karena sudah kadung menggunakan layanan Google Apps (gmail) maka setting SMTP ya pakai Gmail punya.

Ok mas bro cukup paham ya alur kronologinya, sekarang begini cara menggunakannya. Pertama pastinya install plugin WP Mail SMTP dulu, setelah itu klik Activate plugin. Kalau sudah aktif berikut setting isian yang perlu mas bro isi.

From Email: (isi dengan alamat email google apps mas bro yang ingin dijadikan sebagai sender, misal wp@example.com)
From Name: (isi dengan nama sembarang, misal nama blog)
Mailer: pilih Send all WordPress emails via SMTP
Return Path: centang Set the return-path to match the From Email

Lalu di bagian SMTP Options tinggal masukkan data otentikasi user email Google apps nas bro.

SMTP Host: smtp.gmail.com
SMTP Port: 465
Encryption: Use SSL encryption
Authentication: Yes: Use SMTP authentication
Username: (isi dengan alamat akun email google apps mas bro, misal wp@example.com)
Password: (isi dengan password akun wp@example.com)

Setelah itu klik Save Changes

Untuk mengetest apakah sudah bisa digunakan coba masukkan alamat email lain di bagian Send a Test Email lalu klik tombol Send Test. Silahkan cek inbox email mas bro tadi, jika masuk email test dari WP berarti sudah sukses. Sejak saat itu setiap ada komentar masuk defaultnya akan mengirim email notifikasi ke email mas bro sebagai owner blog. Cukup..sudah cukup panjang tulisannya, langsung dipraktikan aja mas bro yang blog WPnya di self-hosted, silahkan dibaca-baca ulang, semoga bermanfaat (EYD)

WP Mail SMTP WP Mail SMTP WP Mail SMTP

This entry was posted in Hosting Stuff, Internet and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *