Next New Jupiter MX FI bakal 150cc?Alamat menjadi penunggang abadi generasi MX series nih

MX Strada

Salam sejutaumat, mas bro sekalian lewat cuilan info di blog Kang Taufik disana muncul kode baru Yamaha 2PV yang disinyalir adalah next project Jupiter MX FI. Yang menarik adalah adanya kemungkinan next gerasi NJMX injeksi ini berubah positioningnya menjadi berkapasitas 150cc untuk dibenturkan secara red ocean dengan pemain bebek super lainnya yang sudah lebih dulu ada seperti Satria FU 150, dan kabarnya AHM juga memiliki calon jagoannya Sonic 150.

Menyimak gosip info tersebut bagi EYD merupakan kabar baik dan sejalan dengan ekspetasi EYD selama ini bahwa Jupiter MX itu cocoknya membawa mesin 150cc. Dengan kapasitas seperti sekarang ini saja (135cc) performa MX sudah seperti motor laki SOHC advanced yang menyamar sebagai bebek :D Jadi jangan heran saat touring atau riding luar kota MX seringkali bisa nempel bahkan terkadang bisa mengungguli motor batangan 150cc lain dalam keadaan standar.

2PV Jupiter MX FI

Kenapa 150cc menjadi berita baik bagi EYD? Ya ini murni based on experience selama ini khususnya saat touring atau riding luar kota. EYD suka membayangkan tenaga 135cc ini agak tanggung untuk menyalurkan hobi motor MX dijadikan motor touring. Ya simpelnya EYD kadang suka ngiri dengan performa Vixion atau cc di atasnya saat touring, kesannya gampang banget menggali power untuk melibas jalanan antar kota. EYD sih gak muluk-muluk saat touring cukup dengan lari range antara 80-100kpj sebenernya cukup, speed segitu masih tergolong enteng buat MX, tapi yang namanya manusia kadang tak ada puasnya. Ingin upgrade kecepatan touring antara range 100-120kpj, angka ini bukan MX gak mampu raih saat ini, tapi kasihan MX mesti meraung keras untuk menggali power 110-120kpj.

Ditambah pernah pengalaman menggunakan sidebox, saat dipakai touring tenaga MX langsung kedodoran sulit untuk mendapatkan power lari 100kpj. Sampai-sampai EYD terbesit ingin upgrade MX Strada untuk pakai blok Vixion. Tapi EYD urungkan niat karena EYD bukan termasuk yang modification freak aka ekstrem, aliran EYD hanya penyuka full standar.

So NJMX FI kedepan menjadi 150cc? EYD adalah orang pertama yang menunjukkan jari pertanda setuju :)

Ada sedikit cerita history dibalik EYD memilih gen Jupiter MX series. Di tahun 2006 awal yang menjadi keputusan untuk meminang MX adalah karena dari sisi differensiasi desain yang saat itu menurut EYD bebek yang paling futuristik dengan mesin tegak. So gak pikir lama langsung kesengsem dan meminangnya. Lalu di tahun 2010 akhir sempat inden Yamaha Byson tapi kandas di tengah jalan karena terpikat kembali dengan penampilan New Jupiter MX baru yang telah menggunakan rear disk brake dan velg tapak lebar.

Touring MX Strada

Maka jika bocoran info itu 2PV itu benar adanya akan 150cc, bisa jadi EYD akan kembali ambil generasi ketiga New Jupiter MX FI asal jangan sampai berubah bentuk menjadi desain ayam jago. Apa akan menjadi motor kedua yang akan EYD modif habis sebagai motor touring khusus, atau menggantikan MX Strada yang sekarang, opsi pertama nampaknya yang EYD lebih condong. Yang jelas dengan 3 generasi MX yang akan EYD pakai nanti semakin menguatkan sinyalemen EYD akan menjadi “pengguna abadi” gen Jupiter MX series.

Note: EYD belum tertarik pindah ke klan motor batangan apapun sebelum adanya motor sport touring (dual purpose) yang sesuai dengan ekspetasi kebutuhan selama inu.

This entry was posted in Yamaha and tagged , , , . Bookmark the permalink.

15 Responses to Next New Jupiter MX FI bakal 150cc?Alamat menjadi penunggang abadi generasi MX series nih

  1. njmx says:

    waduh ane baru aja ngambil njmx 2013 udah mau muncul yang injeksi mana ini belum lunas :( smoga aja yang karbu ini bsa di pasang part injeksi jadi ga perlu beli yang baru lagi wkwkwkwkwkwk :D

  2. Aditya says:

    Pertamax.. :)

    aq jg pengendara NJMX gan thn 2013, andai bocoran kode 2PV yamaha benar bwt NEXT NJMX F1, apa lg kalo udah upgrade jd 150cc, pengen tak Tukar deh rasanya..hyhy.. Tp sayang bnyak kenangan.ny..hmm

    Yg jelas model.ny jgn ayago, tetep Bebek aja, tp yg super tajem body.ny, super cepat n super macho.. Velg tapak lebar jg harus d.pertahanin.. Kalo bisa brharap lbh, 6 percepatan dong.. Limiter rpm jd 12.000 jg deh..haha

    Salam MX gan. :)

  3. Mas bro mau sy kebetetulan pengguna baru NJMX Juni 2014. Yg mau sy tanya :
    1. saat standar tengah, ane puter ban belakang, kok seret bgt ya? Itu dari rantai yg kekencengan atau kampas rem cakram nya ya?

    2. Setelah d test drive kok ada bau gosong gtu ya dari mesin?

    3. Bunyi klutuk” di langsam itu normal ya?

    Trims sebelumnya

  4. Aditya says:

    @fadli:
    1. Udah wajar brow, motor baru part2 jg baru, jd wajar aja kalo kampas rem masi kesat,,
    2. Kalo soal bau gosong, itu jg wajar brow, komponen gearbox kan masih baru, jd btuh penyesuaian celah antar gear, jd saat putaran tinggi gear bergesekan scra intens, nah.. Stlah dpt celah yg pas, bau gosong itu bkal ilang sendiri.. Dulu NJMX ku sminggu udah ga trcium bau gosong,,
    oya,, jgn lupa ganti oli pas udah nunjukin 500KM, oli pertama itu udah bnyak “gram” dr gear yg gsekan td.. Stlah itu ganti tiap 2500km skali biar awet..
    3. Kalo bunyi klutuk2 cuma cara maen kopling aja, usahakan buka gas agak tnggi, supaya rpm mampu mendongkrak tenaga..
    Mungkin jawaban ini bisa membantu..

    Salam MX.

  5. Cross Fuera Holic says:

    wah bebek minded neh??hehe

    tapi memang MX bebek yg ideal, dalam artian d ajak irit bisa, d ajak kencang, ya msh mumpuni, kualitas mesin juga jempolan (8 tahun 59000KM msh belum turun mesin sama sekali, bahkan belum pernah bersihin ruang bakar.hehe ingin tahu seberapa kuatnya forged piston n diasil silinder generasi pertama)

    Overall memang puas banget dengan bebek canggih ini

  6. . says:

    Menurut UU lalu lintas,kecepatan maks di jalan antar kota cuma 80 km/jam bos. . Jd mx dah pas lah,

  7. orong-orong says:

    suka touring kenapa gak pakai inazuma lek?

    • EYD says:

      Inazuma tetep belum masuk ekspetasi motor touring ideal versi EYD mas, jadi sementara masih nyaman dengan “deck” bebek super MX sambil wait n see

  8. Heru Kresnanto says:

    setuju mx jadi 150 cc…maklum badan ane agak tambun…kalo 135 cc rada lemot….masukan om endrik buat yimm….foot step depan/kiri jangan nempel ama pedal kopling….soalnya kalo jatuh apalagi bengkok…wah payah…tuh

  9. Fari.Fairis says:

    nah..ini.. NJMX 135cc emang tanggung, tapi mungkin dimaksudkan supaya ttp irit bensin kali ya.. ane pake pertamax 45km/ltr..
    tapi NJMX + FI + 150cc = mungkin dgn FI akan ttp sama iritnya dgn NJMX skrg..

    btw, kira2 harganya bakal brapa yak..? jangan2 tembus 20jt??
    oh noo… NJMX2012 ane harus bnr2 dirawat nih, biar hrga jual ttp tinggi n siap meminang generasi ketiga :)

  10. Heru Kresnanto says:

    setahu sy vixion juga 1:45….kemungkinan kalo njmx 150 cc….gak beda jauh om…..just opini…

  11. hi hi hi says:

    Moga nex mx 150cc injekai at5speed mt6speed. Digital speedo, adjustable rear shock, gas enteng, tangki bensin 5 ltr…

  12. yayuk says:

    Wouwww…..kerenm sepertinya akan semakin yahud nih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *