Masih bingung dengan aki kering New Jupiter MX, awet bener..

image

Aki New Jupiter MX

Salam sejutaumat, mas bro sekalian kembali artikel review EYD coba share di blog ini. Kali ini EYD ajak mereview aki kering si MX Strada yang sudah berumur 3,5 tahun masih tetap cess dipakai.

Ada yang bilang dan bahkan dari buku petunjuk panduan pabrikan bahwa aki motor umumnya diganti setiap 2 tahun sekali. Seingat EYD dulu pun di Old MX Marun yang menggunakan aki basah memang terpaksa diganti ketika berumur 2 tahun.

Nah berangkat dari anjuran dan history pemakaian yang sudah-sudah EYD jadi bertanya-tanya kenapa aki kering New Jupiter MX yang EYD miliki kini cenderung lebih awet. Dipakai buat starter dan penerangan lampu sein serta klakson semuanya masih terlihat baik-baik saja. Pengalaman ini membuat suatu hipotesa bagi EYD bahwa aki kering cenderung bisa lebih awet 2x lipat dari umur aki basah.

Tapi jika merujuk ke berbagai testimoni pengguna NJMX lain yang pernah EYD temukan di Fanspage FB New Jupiter MX maupun forum-forum ada juga yang mengalami masalah di umur pemakaian aki yang tidak sampai 2 tahun sudah soak. Jadi hipotesa EYD ini belum begitu kuat untuk menggeneralisir keawetan aki kering NJMX.

So mungkin yang ingin EYD share dari fenomena keawetan aki ini yang sudah memasuki umur 3 tahun 6 bulan adalah kebiasaan dan cara menggunakan aki selama ini.

Simpel sih, setiap pagi menghidupkan motor wajib harus dengan engkol (kick starter). Kunci kontak masih off lalu engkol 3x, anggap saja untuk memompa oli agar naik ke dinding silinder. Setelah itu putar kunci kontak ke arah ON lalu buka keran cuk di handle sebelah kiri, baru engkol lagi 1 atau 2x hingga mesin hidup. Setelah hidup dengan throtle tetap idle biarkan kran cuk terbuka selama 10 detik. Setelah itu tutup dan iringi dengan membuka throtle kira-kira putaran 4.000 rpm cukup 1 menit. Ini guna memastikan sirkulasi oli sudah merata di semua komponen mesin yang bergesekan.

Nah kurang lebih begitulah teknik memanaskan mesin MX Strada setiap di pagi hari. Haram hukumnya langsung main pencet elektrik starter kecuali jika lagi lupa karena terburu-buru :D Jadi cukup 1 menit total waktu memanaskan dan motorpun siap diajak jalan mengisi aktivitas di pagi hari.

Lalu bagaimana perlakuan di siang hari atau malam hari jika MX habis diparkir lama misal sore hari pulang kerja menyalakan di parkiran? Nah untuk yang ini sudah tidak perlu lagi diengkol, cukup gunakan starter langsung cess. Pertama putar kunci kontak ke ON lalu buka sedikit throtle kemudian pencet tombol starter. Dan mesin pun hidup dengan mudahnya, bahkan saat pulang lembur dimana motor sebelumnya habis kehujanan di sore hari yang pekat, MX Strada sudah tidak perlu lagi diengkol, cukup dengan tombol starter langsung cess.

Nah yang berikutnya yang perlu dicatat di MX Strada, tidak ada tambahan aksesoris yang berbau kelistrikan. Jadi untuk piranti kelistrikan semuanya masih standar ting-ting. Boleh jadi jika ditambahkan aksesoris aftermarket seperti klakson keong, atau lampu-lampu hologen umur aki bisa tak seawet ini.

Last hipotesa EYD tadi menjadi dikerucutkan, keawetan aki kering NJMX mungkin dikarenakan aki sering aktif dipakai pada kondisi yang seharusnya. Engkol cukup sekali di pagi hari, sisanya sepanjang hari gunakan elektrik starter. Bagaimana kondisi aki NJMX mas bro sekalian, silahkan dishare disini.

About these ads

25 thoughts on “Masih bingung dengan aki kering New Jupiter MX, awet bener..

  1. Saya setahun yang lalu punya vixion thn 2010 saya jual thn 2013 ahir sudah 3 tahun akinya normal2 aja om, padahal saya pake klakson stebel nautilus yang kayak klakson mobil trailer, cuma bertahan beberapa bulan aja, terus pake klakson hella 2 tahun sampe di jual, akinya gak ada tanda2 soak, starter elektrik pagi hari lancar, lampu2 masih terang,cuma sekring aja dah ganti 3 kali hehehe..ane bilang si awet padahal gak ada perawatan khusus dan gak pernah di cas sama sekali…

    Like

  2. Motor saya cs1 Agustus 2008 ( 6 th ), sampai saat ini masih normal aki’nya, dari baru langsung lepas engkol, pemakaian normal setiap hari.

    Like

  3. Masih kalah Bro, skywave saya sudah dari tahun 2009 akinya belum ganti juga, selalu pake electric starter, akinya aki kering juga tuh dan belum pernah saya charge ulang.

    Like

  4. new mx 2013 punya ane 1 tahun lebih 4 hari dari pembelian langsung tekor :D hehehe, karna tekor ane di sarankan sm temen beli saklar lampu biar lampu utama dan kota bisa di matikan

    Like

  5. Kalo menurut pengalaman saya
    Dulu pake supra 125 th 2006 akinya kuat mpe hampir 4 thn padahal dari awal engkol dah di lepas dan kemarin mionya bini br 6 bulan udah koit akinya dan skrng pake aki basah dah setaun masih tok cer, kalo menurut saya aki kering untung untungan kalo aki basah tergantung perawatan

    Like

  6. NJMX 2011 saya sdah 3 tahun krg 10 hari akinya msi on sampe skrg, sekali ganti sekring, dr beli sdah pke klakson keong tiap pagi elektrik stater(tdk tau klo hrus di engkol biar awet =D) dlu cma tau pke doang wkwkw skrg lampu utama sdah DC, sdah mau ganti tapi blm ada gejala soak, mungkin dikit lagi minta ganti,, hhehee :)) aki bawaannya yuasa ytz4v yg cma 3A bkan yg ytz5s 3,5A

    Like

  7. scoopy ane dari 2010 bulan 7, masih awet akinya,. engkol ga pernah dipake,. berarti sudah 4 tahun, 1 bulan. menurut ane, klo pemakaian wajar semua aki kering minimal 3-4 thn baru minta ganti,.

    Like

  8. saya juga skywave 2009 masih tok cer stater elektrik, gak pernah pake engkol, gak tiap hari dipakai, km 55.000 lebih, merk aki Y**S*, bisa awet apa karena skywave itu ada kapasitor bank ya ?

    Like

  9. Vixion ane juga dari april 2011 mpe skrg alhamdulillah masih normal, kalo pagi langsung starter langsung plintir gas, ga pake nunggu panas dulu.

    Like

  10. wah sama nih yg lg di bingungin… saya juga lg bingung sama aki kering motor sya, kemaren motor baru ditinggal selama 2 bulan lebih dari awal juni liburan kuliah, kmaren waktu balik mau manasin motor udah siap2 aja aki mati.. ehh gk taunya ngga, aki gk menunjukkan gejala soak sama sekali. Padahal motor uda dari taun 2008 belum ganti aki sekalipun.. apa karena pake xcs hurricane ya?

    Like

  11. kq sama y ? Aki NJMX saya jg sama awetx. padahal ga pernah ngengkol klo pagi hari. lgsung starter.
    hehehe…

    btw mang gt y klo pagi harus buka tuas choke ?
    klo ga dibuka choke x NJMX ane jg susah nyala n langsamx mas EYD ?

    Like

  12. aki ada faktor untung-untungan om..
    pengalaman make aki kering di supra 125 dari 2006 pertama kali cuma awet 10 bulan.. yang kedua hampir 3 tahun.. yang ketiga 2 taun lebih dikit.. yang keempat setaun lebih dikit.. yang kelima ini udah hampir setaun pemakaian belum pernah dicas juga.. pemakaian harian pulang pergi total 50 km..
    pengalaman pake aki basah di megapro 2008 malah awet.. baru minta ganti setelah 4 taun lebih..

    Like

  13. Ane pakai NJMX 2011 juga mas, alahamdulillah aki juga belum ada masalah dari awal hingga saat ini. Ane juga ndak pakai ritual khusus setaip paginya. Jadi langsung electrik starter, hehe. Untuk accessories masih standart lah dah enak. Itu aja sih.

    Like

  14. Pengguna NJMX juga ni kang, tapi baru make 10 bln jadi blm bisa kasih review apa apa hehehe..
    Yang pasti girang bgt dapat nemu Blog ini terlebih Mpu nya pengguna MX juga, pasti banyak review MX nya, Derrr ah… Plate – Z

    Like

  15. Hadeeew… awet bener tuh, MX ku 2013 (baru 11 bulan) akinya mbalelo. starter gak bisa, klakson dak bunyi, lampu sen hidupnya merayap pas lagi jalan…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s