All New CBR150R lokal, penantang serius di kelas full fairing dari AHM

All New CBR150R

Salam sejutaumat, mas bro sekalian hari Minggu kemarin blogger diberi kesempatan oleh AHM untuk mencoba riding test sport full fairing di kelas 150cc-nya siapa lagi kalau bukan All New CBR150R buatan lokal. Sebelum mengulas impresi riding testnya, kita coba ulas dulu apa yang ditawarkan dan menjadi pembeda All New CBR150R ini dengan CBR Thai dan juga CB150 StreetFire.

Ok secara desain kasat mata memang model CBR150R ini mirip kakaknya CBR250R dual keen eyes. Mengendarai kedua motor ini pastinya memiliki aura yang sama di mata yang melihat, lah wong 11-12 desainnya. Namun AHM mengklaim bahwa dari segi ukuran All New CBR150R lokal ini memiliki feeling bike bike seperti mengendarai kakaknya yang berkubikasi 250cc.

Dari uraian presentasi yang disampaikan Pa Edi AHM, All New CBR150R sudah lulus EURO 3 mas bro. So cukup ramah lingkungan pastinya. Boleh dibilang untuk klan New Full Fairing ini EYD tidak membandingkannya dengan CBR Thai, tapi lebih dekat membandingkannya dengan CB150R StreetFire.

Yang pertama ban gambotnya itu mas bro, aseli lumayan ganteng dengan kombinasi size 100/70-17 depan dan 130/70-17 belakang. Yang langsung terpikir pastilah bagaimana performanya dengan ban gambot. Sebagai perbandingan power CBR150R 12,6 kW (17,1 PS) / 10.500 rpm sedangkan StreeFire 12,5 kW (17,0 PS)/ 10.000 rpm tentu mas bro bisa menilai sendiri dari sisi performa si CBR lokal. Yang pastinya ban gambot ini berperan banget untuk sektor handling yang EYD rasakan kemarin, lebih pede dan antep.

Final gear ratio dimana gear belakang berukuran 46 mata, ini untuk menaikkan akselerasi putaran bawahnya, maklum biar tidak kedodoran dengan profile ban gambotnya.

Di lain presentasi disampaikan bahwa AHM sudah berkomitmen untuk bulan pertama ini akan memproduksi All New CBR150R sebanyak 4200 unit untuk mengejar 1500 indeners pertama. Ini artinya bagi mas bro yang sekarang sudah inden online, dipastikan motor idaman akan sudah ditangan hanya hitungan minggu-minggu ke depan, atau maksimal 30 hari dari pembayaran inden mas bro.

Di sesi tanya jawab, blogger menanyakan kemungkinan apakah CBR150R buatan AHM ini akan juga diekspor ke negara-negara lain, Bu Isti menjawab, AHM fokus merancang All New CBR150R ini hanya untuk konsumen Indonesia. Wew..artinya untuk beberapa waktu ke depan, sport full fairing AHM ini hanya akan berseliweran di tanah air, tidak ditemukan di negara-negara ASEAN lainnya. Cukup membanggakanlah untuk buatan anak negeri.

Secara overall desain CBR150R lokal ini cukup gantenglah, namun masalah selera, menurut EYD AHM kurang berani merombak desain belakang buritan. Masih mengikuti pakem gen CBR sebelumnya. Menurut EYD cuma ini sisi minusnya, coba AHM berani bikin buritan lebih runcing seperti R15 atau klan Ninja, wes sempurna untuk selera kebanyakan biker.

Last untuk artikel video test dan impresi jajal CBR150R di sirkuit Kemayoran akan EYD buat terpisah setelah artikel ini, stay tuned.

This entry was posted in Honda and tagged . Bookmark the permalink.

0 Responses to All New CBR150R lokal, penantang serius di kelas full fairing dari AHM

  1. wahyu says:

    Waahh mas hendrik juga ikut tes toh kemaren?

    Ditunggu mas full review k45nya
    Dari warung lain sih hampir semua memberikan penilaian sangat positif

    Udah saatnya mx strada dipensiunkan ganti rasain dohc overbore mas #peace hihi

    Tapi kayaknya klo cbr fairing begini cocoknya dikasi box di kiri kanan mas.. kayak vfr1200 gitu

    Klo pake box belakang tanduknya gak keliatan ups

    • EYD says:

      hahaha..iya nih updatenya kepending lama bingit.

      pengganti MX Strada masih lama, nunggu pabrikan menelurkan kelas dual purpose 250cc dual silinder
      *adventure minded*

  2. Setia Budi says:

    Ban belakang gambot tapi dimensi swing arm nya kecil….dari segi estetika terlihat kurang proporsional dan terkesan ringkih……cmiiw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *