Kupas tuntas fitur dan teknologi motor sejuta umat, All New Beat eSP series.

All New Beat eSP

Salam sejutaumat buat bro sis sekalian, setelah Sabtu kemarin menuntaskan sesi riding test kini saatnya EYD mencoba merangkum keseluruhan hal yang bisa ditulis untuk menggambarkan segala fitur dan teknologi yang ada pada varian All New Beat eSP ini. Artikel kupas tuntas ini berawal dari ketertarikan EYD melihat fenomena Beat series begitu digemari oleh masyarakat dan makin kesini semakin mengokohkan diri sebagai motor sejuta umat :D

Sejarah Beat

Lahirnya Beat menurut EYD tak lepas dari awal suksesnya geliat matic Yamaha pada saat itu Mio Sporty diterima konsumen tanah air. Motor yang semula diciptakan untuk segmen kaum hawa diluar dugaan ternyata kaum adam juga berbondong-bondong pindah ke matic Mio yang terkenal handlingnya mantap dengan performa lumayan untuk ukurannya. Tahun 2008 kalau gak salah AHM mulai mengeluarkan Honda Beat, setelah sebelumnya mengeluarkan Vario namun belum mampu menggoyang singgasana Mio.

Nama Beat diambil ternyata memiliki 3 arti bro sis, pertama adalah mengambil ranah musik, so jangan heran striping Beat awal-awal tergambar tombol Player music, ngebeat pokoknyalah.

Arti Beat yang kedua adalah susunan 2 kata Be AT, ya AHM ingin menjadikan Beat ini adalah matik sesungguhnya untuk konsumen. Kalau melihat suguhan fitur terkini yang ada pada New Beat eSP sepertinya gak salah slogan Be AT memang masuk banget, fungsionalitas, kenyamanan dan fitur keselamatan di Beat sudah ok banget disukai masyarakat.

Nah yang ketiga nih bro sis yang menarik, ternyata makna Beat yang ketiga adalah ya matik yang disuguhkan untuk nge-beat kompetitor. Walau tak mudah misi nama Beat ini melengserkan sang raja, namun pelan tapi pasti dalam waktu kurun 4 tahun angka penjualan Beat akhirnya bisa melampaui penjualan sang raja.

Spesifikasi

Sama seperti matic-matic yang lain, Beat lahir dari menggunakan sistem pengabutan karburator karena dimasanya sistem injeksi belum dibutuhkan karena aturan regulasi emisi belum seketat seperti sekarang.

Kini dengan rule yang semakin ketat dan sesuai komitmen AHM, maka New Beat berevolusi menggunakan sistem pengabut injeksi dan sudah lolos Euro 3. Satu fenomena yang cukup membuat EYD heran di awal-awalnya adalah konsumsi BBM motor matic setelah pindah ke sistem injeksi memiliki nilai FC yang drastis iritnya, bahkan lebih irit dari motor bebek karburator dengan cc yang sama. So dogma bahwa matic lebih boros dari bebek perlahan sudah sirna bro sis.

Yang menarik dan menjadi perhatian EYD soal spesifikasi di atas kertas New Beat FI bisa mengungguli spesifikasi performa matic kompetitornya. Dikala matic sebelah mengalamin penurunan power setelah pindah ke injeksi, New Beat FI mampu menyuguhkan kenaikan power dibanding versi karbu.

Fitur andalan
Di varian terbaru ini Beat tetap mempertahankan fitur-fitur andalan khas matic Honda, seperti parking brake, side stand switch, combi brake, secure key shutter, fitur ini telah menjadi pelopor bagi matic-matic di tanah air. Di varian New Beat eSP kini membuka jok tak perlu lagi melepas kunci, tapi cukup putar kunci.

Ergonomi

Berbicara ergonomi, seperti umumnya matic-matic di kelas entry level posisi badan selalu tegak, lalu cek area dek, sewaktu riding test EYD coba tidak mentok di bagian lutut kaki, masih ada space yang cukup buat pemakai dengan tinggi 165cm.

Anyway EYD sudah punya gamabaran pengalaman touring seribu kilometer menggunakan motor matic, setelah ngetest eegonomi New Beat eSP ini EYD pun berkesimpulan kalau Beat juga mampu melakukan hal yang sama, baik dalam hal kenyamanan maupun performanya.

Performa dan keiritan

Tentang performanya sendiri tidak mengecewakan bro sis, malah menurut opini EYD dengan raihan power 8,68 PS/7.500rpm ini sudah lebih dari cukup untuk kelas 110cc. Terlihat power sebesar ini sepertinya sudah power ideal menggambarkan efisiensi dari mesin New Beat eSP.

Sewaktu EYD test performa top speed ala EYD dengan berat 56kg/163cm mampu meraih top speed hampir menyentuh 110kpj on speedo. Sebuah speed yang lumayan untuk kelas matic entry level.

Untuk keiritan EYD belum bisa menyajikan data test harian, untuk All New Beat eSP + ISS pabrikan mengklaim mampu lebih irit 63km per liternya.

Teknologi eSP di New Beat

Nah bagian ini bro sis yang menarik sekaligus baru, sebenernya apa sih eSP itu?

eSP adalah penamaan mesin terbaru inovasi Honda, melalui aplikasi teknologi mutakhir dan ACG starter untuk menghasilkan performa tinggi dengan efisiensi bahan bakar yang lebih baik dan ramah lingkungan.

Satu hal yang menarik disimak adalah teknologi eSP ini awalnya adalah fitur berkelas yang ada pada matic premium Honda. Nah sekarang AHM berani menurunkan fitur premium ini ke kelas matic entry level, bener-bener konsumen semakin dimanjakan dengan produk terbaik.

Secara simpelnya untuk memahami eSP itu seperti apa, ada beberapa karakter yang dimiliki oleh mesin ber-eSP yakni.
– adanya ACG starter dan ISS
– pengaplikasian roller rocker arm
– tumble dan squish untuk saluran masuk dan ruang bakar di dalam silinder
– pengaplikasian offset silinder & spiny sleeves
– piston dan pin yang lebih ringan

Namun komponen paling utama dari eSP adalah ACG starter, selain untuk memudahkan starter juga proses starter menjadi halus nyaris tanpa suara. Fungsi ACG starter juga mendukung komponen ISS (Idling Stop System).

ISS adalah fitur mutakhir di matic Honda dimana mesin akan otomatis mati setelah motor berhenti 3 detik, seperti contoh di lampu merah. ISS sangat berguna untuk penghematan konsumsi bahan bakar di jalanan yang cenderung macet atau banyak lampu merahnya bro sis. Lagi-lagi ini adalah fitur premium yang diturunkan ke New Beat eSP.

Penambahan varian Beat Pop

Kali ini AHM mencoba menambah varian baru yakni New Beat Pop eSP. Lah bedanya apa dengan New Beat eSP? Basis mesin tetap sama plek, dan fitur pun sama persis dimana sudah mengaplikasikan ISS. Perbedaannya hanya di body dan fitur pembuka bagasi yang berbeda dengan New Beat eSP. Di Beat Pop untuk membuka bagasi masih pakai cara lama harus dari bawah jok. Sedangkan New Beat eSP sudah lebih maju membuka jok dari kunci SKS.

Desain body Beat Pop eSP lebih ke arah stylish sedangkan New Beat eSP lebih ke arah sporty. Melihat tinggi tempat duduk yang lebih rendah hanya 73,5cm dan lebar jok yang lebih kecil nampaknya AHM memposisikan Beat Pop eSP untuk para kaum wanita.

Last posisi Beat series nampaknya akan semakin kokoh dengan fitur-fitur premium tersemat di dalamnya. Bagi konsumen semakin diuntungkan dengan banyaknya pilihan matic yang disediakan Honda, monggo dikomentari semoga bermanfaat bro sis.

This entry was posted in Honda and tagged , , , . Bookmark the permalink.

0 Responses to Kupas tuntas fitur dan teknologi motor sejuta umat, All New Beat eSP series.

  1. Fery says:

    all about beat :D
    __________
    First Impression With Mio 125 Mio M3 Apa Mio ML Ya ??? http://wp.me/p4qVnp-x2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *