Catatan Blog Sejutaumat di 2014 oleh Jetpack

annual report blog

Salam sejutaumat mas bro sekalian, mumpung masih awal tahun memulai penjajakan baru di 2015, izinkan EYD untuk sharing report tahunan dari aktivitas blog sederhana ini setahun penuh di 2014 lalu. Laporan ini disajikan oleh Jetpack, ada yang belum berkenalan dengan Jetpack bro sis? Ok untuk intermezo dulu EYD akan perkenalkan, hehehe.

Jetpack adalah plugin besar yang disediakan oleh WordPress.org, sebetulnya antara WordPress.com dan WordPress.org adalah sama-sama dibawah Automattic Corporation. Gambaran mudahnya untuk mengenal fungsi plugin Jetpack seperti apa bisa EYD gambarkan seperti ini. Mungkin bro sis sudah familiar dengan aktivitas ngeblog di wordpress.com. Nah adakalanya bro sis yang hobi ngoprek template atau bermain coding kurang nyaman bereksperimen di wordpress.com karena keterbatasan aturan pengguna. Nah salah satu solusi untuk memfasilitasi kreatifitas bro sis adalah dengan move on ke versi wordpress di hosting sendiri, self-hosted istilahnya.

Nah tentunya beda lingkungan ya bisa beda fitur dan kemampuan yang ditawarkan antara platform wordpress.com dengan wordpress.org di hostingan. Singkatnya jika WP self-hosted bro sis belum diinstall plugin Jetpack, artinya setengah nyawa atau separoh fitur-fitur milik WordPress.com tidak akan mas bro nikmati. So Jetpack adalah menjadi plugin wajib yang kudu diinstall jika bro sis memutuskan pindah dari WordPress.com ke WordPress.org self-hosted, karena sebagian nyawa WP.com ada di plugin ini.

Oke cukup intermezonya semoga bisa sedikit memberi gambaran. Kembali ke judul setiap tahunnya Jetpack selalu melaporkan annual report ke owner blog. Mari kita review data-data blogging yang dirangkum oleh Jetpack untuk warung sederhana ini.

Di tahun 2014 kunjungan hits tertinggi terjadi saat EYD merilis artikel Download Motogp Seri Misano tanggal 16 September 2014, artikel ini ternyata dilihat sebanyak 3652 views. Padahal normalnya blog kecil ini hits per harinya cuma dalam range 1000-2000 kunjungan (views). Total kunjungan di tahun 2014 adalah berjumlah 670.000 kunjungan, hihihi jika dibanding hits blog papan atas angka ini jauh bingit, padahal target waktu awal tahun ingin tembus 1 juta hits dalam 1 tahun, semangat ah.

Di 2014 untuk jumlah artikel baru yang EYD rilis totalnya baru 151 postingan, weleh berarti jauh dari target 1 hari 1 artikel nih, padahal setahun ada 365 hari. Namun demikian jumlah total artikel di blog ini sudah genap 710 artikel di 2014, tetap semangat.

Trend artikel yang paling banyak interaksinya dengan para komentator di blog ini ya pastinya gak jauh-jauh dari artikel New Jupiter MX, berikut EYD list artikel yang dimaksud dilihat dari total banyaknya komentar dan jumlah kunjungan.

Lalu siapa komentator aktif di blog ini sepanjang tahun 2014? Penasaran kan, rekor Ipan Pertamax7 tahun lalu kali ini tergeser oleh komentator setia mas orong-orong si empunya blog OrongOrong.com dengan total 67 komentar, I appreciate to him :)

Fanspage Sejutaumat

Last di tahun 2015 ini membawa semangat baru dalam aktivitas ngeblog EYD, dan lewat artikel ini EYD juga ingin memperkenalkan alternatif blog baru dari EYD yang bernama ElangJalanan.com.  Blog alternatif ini menyajikan tulisan dengan gaya lain lebih ke arah celotehan, dagelan, kritik pedas maybe dan berita-berita terkini ringan seputar apa yang dilihat di dunia motor, internet dan juga jalanan saat ini. Maklum mas bro, Sejutaumat.com sudah kadung dikenal dengan gaya tulisan formalnya, ckckck.. kaidah EYD kental banget disini, nah untuk versi lain gaya penulisan EYD bisa disimak di blog alternatif.

Jangan lupa juga bro sis Like Fanspage Facebook Blog Sejutaumat Facebook.com/warungsejutaumat, semoga di tahun 2015 ini semangat ngeblog terus mengalir untuk meramaikan ranah blogsphere otomotif tanah air, amin.

This entry was posted in Ngeblog and tagged , , . Bookmark the permalink.

0 Responses to Catatan Blog Sejutaumat di 2014 oleh Jetpack

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *