Ini kekurangan Jupiter MX King yang membuatnya kurang proporsional

Yamaha Exciter 150

Salam sejutaumat bro sis sekalian, jika melihat desain overall Yamaha Exciter 150 alias Yamaha Jupiter MX King mungkin semua sepakat tampilannya keren, ganteng dan racy. Itu benar adanya, tapi jika mau lihat lebih sedikit teliti ke sektor kaki-kakinya ada yang janggal, apalagi EYD termasuk pengguna gen NJMX yang telah dibekali ban tapak lebar. Apa itu?

Meningkatnya ukuran ban belakang menjadi berukuran 120/70-17 ternyata tidak serta merta para insinyur Yamaha membesarkan ukuran velg/ban depan. Yamaha kekeuh menggunakan profile ban cungkring khas bebek yang hanya berukuran 70/90-17. Hasilnya bila diperhatikan jelas terlihat kurang proporsional antara selisih lebar ban depan dan belakang, jauh banget.

Jika berkaca ke perbandingan rasio ukuran ban motor-motor batangan biasanya selisih antara range 20-30. Contoh Yamaha R15 ukuran depan 90/90 dan belakang 120/70 perbedaan ukurannya 30. Yamaha YZF R25 memiliki ukuran ban depan 110/70 dan ukuran ban belakang 140/70 selisih ukuran 30.

Jupiter mx king

Lihat rasio MX King jengat banget kan depan 70/90 belakang 120/70 selisihnya 50. Memang sih ukuran ban depan lebih kecil bisa meringankan handling di stang, gampang buat tekuk-tekuk saat manuver. Apalagi bebek awalnya diperuntukkan untuk kaum wanita jadi insinyur Yamaha harus kompromi dengan pasar ini. Tapi ini kita sekarang berbicara tentang bebek super si MX King, berkopling pula sudah pasti arah market ke anak muda yang laki-laki. Sudah semestinya faktor handling ringan dengan penggunaan ban kecil bisa diubah, minimal harapan EYD saat MX King nanti diproduksi lokal oleh YIMM, Yamaha mau mengusung ban depan berukuran lebih besar sedikit misal 80/90.

Penggunaan ban depan lebih lebar tentu lebih banyak positifnya walau handling stang jadi lebih berat. Pertama laju motor saat speed di trek lurus cenderung lebih stabil karena luas area ban yang menyentuh aspal lebih luas. Kedua saat dipakai rebahan jelas ban tapak lebih lebar membuat motor lebih antep. Ketiga lebih ke fashion, semakin lebar ban depan si MX King ini tentu lebih gagah. So sekali lagi ini kita berbicara tentang bebek super bukan bebek biasa, jadi semoga YIMM bisa membaca tulisan ini. Monggo dikomentari opini mas bro sekalian.

27 Comments

  1. kayaknya kasusnya bakalan seperti si kebo byson India masuk Indonesia deh.. bukan ban depan dinaekin besarannya.. tapi pas masuk Indo, ban blakangnya Jupie King ini jadi 100/80 …..

  2. Mas bro EYD…Mau nanya nih…enakan pakai ban merk apa sama ukurannya untuk si T135 ?untuk touring dan cornering…thanks mas bro
    Salam sejutaumat

  3. njmx ane aja ban depannya mau ane naikin lebih lebar dikit..
    lha kalo stang dihandle satu tangan geal geol gitu, serem

  4. salam bang eyd :),

    akhirnya mx 150 muncul ad tapinya setelah sekian lama saya tunggu,

    1. yg tdk kopling tidak produksi, pdhal kan ini ke moped, pdahal kan sekarang mencari praktis ( yang tidak suka matic :) )

    2. ekornya kenapa g mirip r15 lebih joss :D

    3. g ada utk naruh jas hujan hi hi hi, kompetitor sebelah ada semua he he he,

    4. y itu ban depan cungkring

    yah, walau agak kecewa tp kyaknya saya mau bralih k matic saja cari yang praktis he he he

    salam bang eyd

    sukron

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.