Touring Blogger bersama Soul GT 125, tangguh dan irit melahap jalanan Karawang – Lembang

Soul GT 125

Salam sejutaumat, dua hari kemarin tepatnya Kamis hingga Jumat kita dari sahabat Blogger otomotif diajak YIMM untuk mengadakan gathering ke Lembang. Di catatan EYD ini adalah perdana YIMM membuat acara gathering dengan Blogger, pastinya acara seperti ini saya sambut dengan positif, yang seperti inilah bikin kental jalinan silaturahim antara ATPM dengan Blogger, tidak melulu meliput acara launching motor baru. Gathering plus ditambah bonus acara touring bareng blogger itu adalah sesuatu banget bagi EYD pribadi dan bagi temen-temen blogger lain umumnya.

Skip-skip dari acara gathering, lewat artikel ini EYD coba mengulas impresi menjajal produk baru Yamaha yakni Soul GT 125 yang dipakai touring kemarin. Setelah mengunjungi pabrik Yamaha Karawang Blogger disodori 13 unit Soul GT 125 yang sudah berplat hitam. Biasanya kalau unit test dari Yamaha tahun-tahun sebelumnya selalu berplat putih. Singkatnya EYD kebagian unit yang berwarna merah.

Soul GT 125

Saat mencoba menapaki di joknya yang lebar, lalu mencoba masukan kaki ke deck, ini nih yang EYD suka, deck varian Soul paling bersahabat tidak sempit, dibandingkan Xeon maupun Mio M3 area deck Soul GT 125 lebih lebar dan lapang ke depan, sehingga bagi yang memiliki tinggi 170an pun kaki tidak mentok ke deck..josslah bener-bener matic buat laki-laki ini.

Soul GT 125

Lanjut rombongan touring Blogger pun dilepas di gerbang pabrik PT. YMMWJ Karawang dengan dikawal satuan Patwal dari Mabes Polri langsung, cmiiw. Sebelum mulai riding, peserta touring diiming-imingi hadiah bagi yang mencapai konsumsi BBM teririt. Nah loh niatan pengen geber-geberan jadi terem dulu, yo wis saat dilepas menuju kota Karawang, EYD mencoba berakselerasi smooth mempertahankan lampu “ECO” tetap nyala. Hasilnya ya EYD bersama Kang Taufik dan IWB berada di jajaran terbelakang dari rombongan. Gpplah, ikhtiar untuk menang bolehlah :D

Impresi suspensi depan Soul GT 125 ini memang agak keras, cukup bikin pergelangan tangan jadi gampang kesemutan kalau buat dipakai riding jauh dengan medan jalanan yang banyak gak ratanya. Begitu juga suspensi belakang, memang sudah menjadi ciri khas motor-motor matic Yamaha lebih mengutamakan sisi handling stabil ketimbang kenyamanan.

Soul GT 125

Impresi suspensi langsung terasa klop saat dipakai melibas jalanan menuju Wanayasa yang berkelok-kelok penuh tanjakan. Asli ini motor nurut banget dipakai manuver rebah, EYD semakin pede karena tau profil ban belakang sudah mengadopsi ban lebar profile 100/70-14

Bagaimana tarikannya, dengan postur tubuh EYD yang cungkring 55kg/165cm Soul GT mudah banget mencapai kecepatan 80kpj on speedo. Sayang kecepatan 80kpj ke atas EYD emoh nyobain teringat akan lomba irit-iritan :D Tapi dari feeling tarikan mesinnya, bukan perkara sulit Soul GT 125 bisa mencapai top speed 110kpj on speedo, Kang Aripitstop katanya sempat meraih angka tersebut ketika perjalanan balik ke Jakarta di bypass jalan baru Karawang.

Ohya pengisian bensin awal dilakukan setelah keluar dari pintu pabrik Yamaha Karawang, diisi full tank bahan bakar Pertamax. Kilometer awal di speedometer tercatat 1751,2km, metode pengukuran oleh tim adalah Full to Full. Tiba di Lembang sebelum memasuki hotel rombongan touring isi dulu BBM kembali dengan Pertamax. Untuk unit motor EYD tercatat kilometer akhir adalah 1875,3km dan BBM yang diisi kembali sebanyak 2,33 liter. Sehingga perolehan FC Soul GT 125 adalah 124,1km / 2.33 liter = 53,26 per liternya. Wuih melihat gaya berkendara sejak dari Purwakarta – Wanayasa hingga tiba di Lembang lebih banyak geber-geberan di range 70-80kpj pencapaian angka FC sebesar 53,26km per liter adalah cukup irit untuk ukuran matic 125cc. Nampaknya Blue Core betul-betul bisa membuktikan bahwa matic Yamaha kini bisa kencang namun tetap irit, keren ini.

Soul GT 125

Yup bicara irit-iritan nampaknya EYD masih kalah irit ternyata dengan Kang Haji Taufik, nampaknya TMCBLOG memang paling jago kalau masalah teknik irit-iritan, selain didukung postur tubuhnya yang 11-12 dengan EYD :D Tapi karena pas hari pengumuman Kang Taufik absen hadir sudah pamit duluan, alhasil EYD yang berada di jajaran runner up otomatis sah secara hukum :D naik ke juara 1 lomba irit Soul GT 125. Hadiahnya lumayan juga bro sis, asyeek..

Gimana kekuatan velg Soul GT 125 ini, kebetulan ketika touring kembali ke Jakarta melewat jalanan bypass baru Karawang, motor yang EYD tunggangi menghajar lubang lebih tepatnya celah sambungan beton yang cukup lumayan lebar. Padahal sering lewat jalanan sini tapi karena sangking asyiknya touring bersama blogger jadi lupa ada jalanan lobang di depan, alhasil masih dalam kecepatan lumayan kencang motor menghajar lubang dengan cukup keras. Terhitung sejak keberangkatan EYD sudah menghajar lubang yang cukup lumayan 3x. Setibanya di SPBU jalan baru Karawang EYD coba periksa kondisi velg alhamdulillah baik-baik saja.

Last catatan dari touring kemarin EYD melihat, touring Blogger otomotif memang beda, walau kesehariannya lebih banyak nulis mengangkat berita dan review begitu diajak touring beuh ternyata bisa rapi dan cukup menjunjung safety riding selama di jalanan. Ya aslinya Blogger rata-rata memang alumnus dari komunitas dan klub yang juga sudah sering touring kemana-mana, jadi begitu diajak acara beginian gak susah untuk diatur, cukup rapi dan safety, jauh dari kata arogan di jalanan.

This entry was posted in atpm, Yamaha and tagged , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Touring Blogger bersama Soul GT 125, tangguh dan irit melahap jalanan Karawang – Lembang

  1. anto says:

    Mantap….

  2. IWAN BENERAN says:

    motor recommended ya bro ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *