Honda CBR150R Lampaui Target Penjualan di Tengah Kelesuan Pasar

cbr150r_lokal

Salam sejutaumat, mas bro sekalian menarik melihat pergerakan penjualan motor sport Honda di April 2015 kemarin. Dari rilis yang masuk ke redaksi EYD tercatat penjualan CBR150R lokal terus meningkat. Di tengah kondisi pasar sepeda motor yang melemah, motor sport dengan DNA balap yang kuat ini pada bulan lalu terjual 6.115 unit atau jauh melampaui target bulanannya, 4.200 unit.

Melihat data penjualan rivalnya, di bulan April 2015 Yamaha R15 hanya terjual 5.039 unit. Angka penjualan ini semakin melebar sejak bulan Maret kemarin terlihat CBR150R terjual 5.476 unit sedangkan R15 mulai menyusut terjual 4.758 unit. Apakah tren kekaguman desain R15 sudah mencapai titik klimaksnya hingga peminatnya mulai turun, usia R15 sudah memasuki usia 1 tahun meramaikan pasar sport sejak dirilisnya April tahun lalu.

r15-movistar

Menurut EYD letak titik lemah menurunnya animo potensial buyer terhadap R15 dibandingkan dengan CBR150R adalah di sisi “kenyamanan”. Efek nungging yang ditawarkan R15 sepertinya tidak awet bagi pemiliknya untuk terus-terusan ingin tampil racy namun mengorbankan kenyamanan. Lama kelamaan bakalan pegel juga akhirnya teronggrok nganggur di rumah. Segmen sport 150cc masih termasuk wilayah motor yang dibeli untuk harian, jadi wajar jika ada tuntutan dari pemilik untuk sisi kenyamanan ini.

Berbeda dengan apa yang ditawarkan CBR150R, istilahnya untuk tampilan cukup dapat, performa mesin apalagi, dipakai berlama-lama jarak jauh juga masih nyaman karena stang di atas yoke. Pada akhirnya seiring waktu sisi “kenyamanan” juga yang menjadi faktor penentu potensial buyer membeli salah satu dari kedua motor ini.

Last nampaknya Yamaha perlu membuat R15 versi “cozy” yang berbeda di sektor ergonomi stang dan desain jok :D Gimana menurut pendapat mas bro sekalian, masih menarik nih melihat pergerakan market share sport Honda di bulan-bulan berikutnya yang kini sudah semakin menempel ke market share sportnya Yamaha.

This entry was posted in atpm, Honda and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *