Hampir sepertiga musim, Yamaha masih menjadi Team Constructor MotoGP 2015

MotoGP World Standing 2015

Salam sejutaumat, menarik menganalisa data MotoGP musim 2015, ada beberapa hal yang tak biasa kita dapatkan dari melihat data-data yang ada. Salah satunya seperti hilangnya dominasi Honda di musim ini, bahkan memasuki hampir sepertiga musim (hingga seri kelima) untuk statistik team constructor Repsol Honda Team tergeser oleh tim Ducati. Untuk statistik pembalap sendiri Marc Marquez sebagai wakil dari pabrikan Honda harus tergeser di urutan keempat di klasemen sementara MotoGP 2015 ini.

EYD coba menyajikan data yang ada untuk melihat peta raihan point saat ini, Valentino Rossi masih menduduki puncak klasemen dengan jumlah point 102, disusul Jorge Lorenzo meraih 87 point, diikuti Andrea Dovizioso 83 point dan Marc Marquez meraih 69 point. Andrea Ianone meraih point 61 point, sementara Dani Pedrosa yang memutuskan operasi pasca seri Qatar harus puas hanya mendulang 10 point.

motogp team constructor

Jika ditotal jumlah point masing-masing pembalap Yamaha berhasil bertengger di puncak team constructor, diikuti Ducati dan disusul Honda. Movistar Yamaha MotoGP meraih total point 189, Ducati Team meraih 144 point dan Honda yang tak biasa, meraih posisi ketiga dengan total point 84 (jika point Hiroshi AOYAMA ditambahkan ke Pedrosa).

Last sepertiga musim memang masih terlalu dini untuk memprediksi siapa juara dunia dan juara tim konstruktor MotoGP 2015. Namun sepertiga musim ini bisa menjadi gambaran awal prediksi performa pembalap maupun tim. Monggo dikomentari bro sis.

This entry was posted in MotoGP and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *