Perbedaan fitur-fitur baru MX King di mata penunggang NJMX

Sang adik pengen ikut narsis

Sang adik pengen ikut narsis

Salam sejutaumat, dalam kesempatan ini EYD akan ulas sedikit fitur-fitur baru yang ada pada MX King, dari sekian bejibunnya fitur dan teknologi yang ada pada bebek super ini EYD hanya persempit beberapa saja yang bisa dikomparasi dengan NJMX secara langsung sebab sebagai pemakai NJMX buat harian selama ini, boleh jadi tak semua fitur yang ditawarkan MX King menarik bagi pemakai NJMX :)

Tebeng-MX-King

Kita mulai dari area tebeng, saat melihat area ini EYD langsung terbesit kalau mau pasang tebeng buat bawa-bawa barang ini gimana motor. Celingak celinguk gak nemu lokasi baut di bawah buat pegangan tebeng seperti lazimnya yang terdapat pada NJMX maupun bebek-bebek lainnya. Nah loh kok gak ada, wah alias ini motor gak bisa dipake buat belanja ini, lah wong gak bisa dipasangi aksesoris tebeng tambahan. Jalan satu-satunya paling ganti baut utama tebeng dengan aksesoris baut pengait. Bagi EYD ini nilai minus yang melanggar kodratnya sebagai motor bebek :D

Key-shutter

Kita lanjut ke area fitur key shutter, sudah seperti fitur-fitur di motor matic terkini, MX King menyematkan fiturrSeat Open di komponen SKSnya. Jadi lebih nyaman membuka jok tanpa perlu mencabut kunci. Nilai plus buat penunggang NJMX lawas yang tak ada di motor mereka sebelumnya.

Jok-mxking

Lalu coba amati bentuk joknya, desainnya model dual tone dengan ketebalan busa relatif sama dengan NJMX, namun untuk kenyamanan jok bagi pembonceng belum bisa EYD coba sebab nyonya di rumah lagi mudik belum bisa tes boncengan. Semoga nanti bisa EYD kasih reviewnya menyusul di kolom komentar.

Klakson-mx-king

Lanjut ke bagian klakson yang bersembunyi tepat di bawah tebeng depan. Sebagai penunggang NJMX EYD kasih jempol buat suara klakson yang dihasilkan, jauh lebih keras ini ketimbang NJMX yang suaranya terlalu kecil. Motor gahar ya idealnya suara klaksonnya juga mengintimidasi, ojo kalem. Nilai plus buat sektor ini.

Aki-mx-king

Bagasi-king

Lanjut mari kita explore area di bawah jok, sepertinya Yamaha merombak ulang layout penempatan aki dan filter udaranya mas bro. Kalau di NJMX aki berada di depan, tapi kini berpindah ke belakang. Melihat posisinya sedikit memudahkan pada saat nanti melakukan penggantian aki, karena mudah diambilnya. Sekali lagi untuk masalah aki ini EYD kasih nilai plus karena tetap mempertahankan aki merk YUASA yang sudah terbukti bandel di MX Strada. Bayangkan, aki kering bisa bertahan sampai umur 4 tahun itu sesuatu bingit.

Filter-udara

Ada yang unik EYD perhatikan di bagian depan, disana nongol corong filter udara tepat dibawah jok. Walah sudah mirip motor laki beneran corong filter udaranya tampil di atas. Kalau sudah begini disinyalir MX King lebih tahan banjir lebih tangguh dari NJMX. Nilai plus EYD kasih.

Berbicara fungsionalitas motor bebek, sepertinya MX King ini semakin gak bersahabat buat naruh-naruh something di bagasi jok. Masih mending NJMX yang sedikit lebih lega, liat saja bro sis space seencrit dibawah jok hanya pas buat naruh toolkit. Jangan ngarep bisa naruh jas hujan atau barang bawaan lainnya, yang ada pengguna MX King ini kudu selalu bertas ransel.

Kait-helm

Lalu pengait helmpun masih sama modelnya dengan NJMX, hanya tonjolan plastik lurus. Namun jika diperhatikan memiliki ukuran lebih besar ketimbang punya NJMX, secara fungsi mungkin lebih nyaman punya NJMX saat dipakai buat mengaitkan helm dibawah jok.

Tangki-MX-King

Lanjut ke area tangki pengisian BBM, saat dibuka ternyata mulut tangkinya memiliki corong lebih panjang. Ini mengingatkan EYD dengan mulut tangki motor-motor batangan seperti New Vixion dll. Biasanya kalau mau isi fulltank model seperti ini agak butuh waktu lebih lama dibanding model lainnya, untuk sementara ini EYD belum tau kenapa. Intinya patokan full tank saat nanti EYD melakukan pengukuran FC adalah yang dipakai batas bibir tangki paling bawah.

Arm-MX-King

Kita coba turun ke bawah, lihat ukuran arm si MX King, setelah EYD ukur ternyata jauh lebih panjang arm MX King dibanding punya NJMX. Ukur secara kasar menggunakan penggaris arm MX King memiliki panjang 59cm sementara milik NJMX hanya 53cm. Arm lebih panjang tentu menguntungkan untuk mendapatkan kestabilan di kecepatan tinggi. Pantes aja kemarin coba icip-icip top speed buat pemanasan, asem ini motor gampang banget meraih speed 110kpj, pas coba iseng gali 120kpj asyemm antep bingit nih motor masih stabil. Padahal di kecepatan yang sama NJMX itu sudah kayak apa ngoyo betot gasnya, ditambah body mulai goyang. Racun nih MX King buat penggila kecepatan.

Fender-under

Lanjut ke model spakbor kolong ala MX King, ini terlihat lebih pendek dibanding punya NJMX yang lebih panjang dan menutupi. Disinyalir shockbreaker MX King akan lebih cepat kotor tak terlindungi jika dibandingkan milik NJMX. Untuk sisi ini EYD kasih nilai minus.

Stopper-gear

Turun lagi ke area gear, modelnya kali ini sudah menggunakan stopper rantai jadi bikin lebih aman saat mengalami rantai putus ditengah jalan. Rantai tetap mengalir hingga lepas dengan sendirinya tidak sampai mengunci roda. Lalu untuk pengatur kekencangan rantai, sepertinya MX King ini balik lagi ke model jadul berbeda dengan NJMX yang memiliki pengaturan presisi.

Disk-brake-MXking

Menilik ukuran disk brake depan beuh ukurannya sudah sama plek dengan motor-motor batangan seperti NVL. Sudah pasti dengan piringan cakram yang lebih lebar, sisi pengereman mampu lebih pakem dibanding NJMX, perlu dicoba secara seksama untuk sektor ini. EYD kasih nilai plus untuk sektor ini.

Sementara ini dulu bro sis yang ingin EYD share sejauh pandangan mata melototi bagian demi bagian sang bebek super, impresi selanjutnya tetap stay tuned aja, semoga bermanfaat.

This entry was posted in Yamaha and tagged , , , . Bookmark the permalink.

7 Responses to Perbedaan fitur-fitur baru MX King di mata penunggang NJMX

  1. denni says:

    Fotox mana??

  2. gc133hijrah says:

    Kelistrikan udah full dc belum?

    Nva kan udah full dc tuh…

    Sayang kalo lampu udah hs1 tp masih redup ikut tarikan gas…

  3. ken39 says:

    wih… bener2 setia sm klan MX, ganti njmx ke king :D

  4. DehanRamadhan says:

    Yang jelas ni bebek super bener2 meracuni ane bang,, cuma satuuuu yg bkin kurang sreg, headlamp yg agak mirip Sinchan, IMHO sih pas di dagunya kurang menyudut, terlalu oval gtu,, kalo di MX 135 cakep bener

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *