Perubahan aturan program JHT BPJS, 5 tahun belum bisa cair, banyak pekerja kecewa

Jht bpjs

Salam sejutaumat, mas bro sekalian jika memantau berita keuangan hari ini (01/07/2015) mungkin sebagian sudah ada yang tahu bahwa mulai per 1 Juli ini ada perubahan peraturan menyangkut pencairan dana JHT BPJS. Sebelumnya jika dana JHT bisa dicairkan setelah keikutsertaan peserta program sudah mencapai 5 tahun, dan setelah itu dana bisa diambil seluruhnya secara utuh, kini sudah tidak seperti itu lagi bro sis.

Seperti yang EYD lansir dari berita di DetikFinance;

Bagi anda yang sudah bekerja 5 tahun dan ingin mencairkan dana Jaminan Hari Tua (JHT) harap bersabar. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan mengubah syarat pencairan JHT dari 5 tahun jadi 10 tahun.

Jadi, JHT ini baru bisa cair jika Anda sudah bekerja selama 10 tahun, tidak lagi 5 tahun plus 1 bulan seperti ketika BPJS ini masih bernama Jamsostek.

“Sesuai UU No 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional Pasal 37 Ayat 1-5. Berkenaan dengan Peraturan Pemerintah (PP) yang keluar pada bulan Juli 2015 maka untuk ketentuan program Jaminan Hari Tua berlaku untuk masa kepesertaan 10 tahun,” kata BPJS Ketenagakerjaan dalam situs resminya yang dikutip, Rabu (1/6/2015).

Dalam pengumuman tersebut ada tambahan, untuk persiapan hari tua, saldo yang dapat diambil hanya 10% dan untuk pembiayaan perumahan saldo yang dapat diambil hanya 30%.

Pengambilan seluruh saldo JHT hanya dapat dilakukan setelah usia 56 tahun, meninggal dunia atau cacat. Pengumuman ini juga terpampang di BPJS Ketenagakerjaan cabang Fatmawati, Jakarta Selatan.

Hm, miris memang sebagian besar karyawan atas peraturan baru ini. Di tahun 2015 dimana banyak PHK besar-besaran setidaknya dana yang tersimpan di BPJS bisa menjadi modal penyambung hidup asalkan setelah 5 tahun bekerja. Lah ini justru diperpanjang menjadi 10 tahun dan ngenesnya lagi itu pun hanya bisa diambil 10% dari keseluruhannya saja mas bro. Rasanya makin kesini kok masyarakat kita makin dibuat susah dengan peraturan-peraturan pemerintah yang semakin tidak berpihak ke masyarakat lemah.

Hm..lebih bersabar aja mas bro bagi yang gagal bisa mencairkan dana JHT BPJSnya.

This entry was posted in Regulasi and tagged , , . Bookmark the permalink.

20 Responses to Perubahan aturan program JHT BPJS, 5 tahun belum bisa cair, banyak pekerja kecewa

  1. mifta says:

    Saya jg termasuk yg sangat kecewa…udah ikut kepesertaan jamsostek dr 2006…semua data2 persyaratan klaim dah kumpul semua pas tgl 30 juni kemarin…ehhh pas tgl 1 juli saya datang ke kantor bpjs ketenagakerjaan lsg lemes dengar penjelasan dr mereka….bener2 makin mepersulit warganya nih pertaturan sekarang.

  2. wendy says:

    JHT jahat tenan….

  3. siaanangke says:

    om, bagaimana kalo si karyawan sudah tidak lagi bekerja atau PHK, apakah akan memperoleh dana JHT full…?

    • EYD says:

      Sekarang tidak lagi full, harus nunggu 10 tahun sejak keikutsertaan peserta pertama kali, itupun nanti hanya bisa dicairkan 10% dari keseluruhan jika umur masih dibawah 56 tahun

  4. untung ane dah sempet tarik sebelum peraturan ini release. . .

    izin share ya kang

    keep brotherhood,

    salam,

  5. guparman says:

    Reblogged this on otomotif dan herbal and commented:
    sepertinya keputusan ane untuk keluar dari BPJS awal tahun ini sudah benar . . . . semakin hari peraturanya justru menindas kaum pekerja . . . . mau sejahtera jangan pernah menyandarkan harapan kepada pihak lain. . . lecut semangat diri untuk lebih baik. . . .

  6. Paryoto says:

    Saya ga ikut BPJS, tapi liat aturannya begitu ikut ngenes juga

  7. lazione budy says:

    serem ah… makin g jelas

  8. SANSINNO.COM says:

    pemerintah malah mempersulit dengan aturan yg gag jelas..kasian mereka yg kena phk…gag bisa mencairkan ..padahal itu bisa buat modal usaha atau buat sehari2…ini pemerintah gimana mikirin rakyat kecil gag sih..?? mirriissss negeri ku ini

  9. secara tidak langsung, sma aja dana kita gak boleh di tarik.. padahal dana JHT itu, bagi para karyawan yang telah kena PHK bisa buat modal usaha.. jadi seperti peraturan yang menyulitkan.. sungguh sangat kecewa..

  10. didi says:

    mas, saya punya 2 kartu.. Jamsostek and BPJS ketenagakerjaan.
    nah mau tanya, November tahun ini yang jamsostek ane udah 5 tahun dan 2 bulan lalu kata orang BPJS bisa di cairkan november ini..

    tapi karena ada aturan baru ini, apakah masih bisa di cairkan mas?? kalo ngga bisa berengsek ini aturan..

  11. malik2kha says:

    somplak emang bpjs sekarang…..duit nya buat pemerintah yang kerjanya cm duduk doang malah makin kacau…nih. gmn pa jokowi dulu pro rakyat sekarang mana….ah janji doang kaya timer di terminal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *