Test Ride New Sonic 150R, lincah dan antep di kecepatan 120kpj

Test Ride New Sonic 150R

Test Ride New Sonic 150R

Salam sejutaumat, mas bro sekalian melanjutkan artikel pagi tadi sekarang kita coba ulas impresi riding menggunakan New Sonic 150R duluan sebelum nanti artikel New CB150R. Beuh sangking meriahnya acara kumpul-kumpul Blogger dalam hajatan undangan AHM, sampai lupa kalau EYD belum narsis foto saat nunggang motor ayago dari Honda ini, tayangin foto Sonic bareng Ipan dulu ah.

Ergonomi
Bagi EYD yang kesehariannya terbiasa dengan ergonomi motor bebek tulen, begitu mencoba nunggang di atas New Sonic 150R langsung berasa bedanya, nunduk dikit euy. Dengan ketinggian jok hanya 762mm membuat kaki bisa menapak sempurna ke aspal. Coba gerak-gerakin handle bar ke kiri dan ke kanan terasa enteng, yup spesifikasi ban 70/90-17 membuatnya kemudi terasa ringan. Secara keseluruhan berat Sonic 150R ini cukup light, panteslah kalau motor ini dimasukkan oleh AHM ke segmen Light Sport.

Test Ride New Sonic 150R

Handling dan Performa
Saatnya menghidupkan mesin, mau tau berapa limiter si Sonic ini coba urut gas hingga suara mesin menjadi gak karuan brebet, terlihat bar menunjukkan angka 10.500rpm, beuh tinggi juga nih limiternya dibanding motor harian EYD, lah bedalah :D Saat idle terdengar suara mesin New Sonic termasuk kalem tidak terdengar kasar. Digeber-geber pun suara kurang mengintimidasi.

EYD ikut di kelompok kedua sesi test ride, ohya jujur arena test ride ini sebenarnya adalah homebase-nya EYD, lah dulu kan EYD lama tinggal di daerah Bambu Kuning. Ini jujur membuat EYD berani dan pede geber dan manuver si Ayago karena hafal jalanan.

Test Ride New Sonic 150R

Langsung geber, gigi 1 menjerit di 40kpj, coba shifting normal ke gigi 2 menjerit di 60kpj, gigi 3 EYD shifting di 85kpj last jalanan habis ketemu kemacetan sore yang biasa di depan Polres Cipayung depan Bambu Kuning.

Saatnya test kelincahan manuver dengan modal lightnya berat si Sonic, beuh ini mah motor enak sangat diajak liuk-liuk menerabas kemacetan. Namun kaca spion yang terlihat terlalu dekat badan dan kurang lebar keluar EYD agak kesusahan mengandalkan spion untuk melihat pengendara lain di belakang.

Test Ride New Sonic 150R

Selepas Polres Cipayung, kemudian turunan kelompok test rider memutar balik di jembatan tol, nah disini track favorit EYD tiap hari geber top speed. Tapi kesempatan itu tidak didapat, karena ketemu kepadatan kendaraan, top speed sementara hanya mampu 100kpj di gigi 5. Maaf road captain mas Hendri AHM ane salib di jalan yang ini karena ane anak kampung sini..wkwkwkwk.

Berhenti di lampu merah dekat terowongan pintu TMII EYD bersiap masih penasaran menggali power atas si Sonic. Karena hafal betul jalanan sesudah terowongan selalu kosong hingga ke pintu utama TMII, EYD inisiatif langsung start duluan dari pengendara lain saat lampu sudah hijau. Dan di ujung terowongan gelap tikungan 90 derajat sangat pas buat test nikung ala rebah, dan hasilnya nurut banget frame Twinspar Perimeter si Sonic ini diajak rebah.

Test Ride Sonic 150R

coba overtake Sonic 150R

Dan ternyata benar selepas tikungan terowongan jalanan di depan kosong melompong saatnya ngibrit menggali top speed duluan, yes 120kpj langsung diraih dengan gigi 6. Di momen beberapa detik bertahan ini EYD hanya ingin merasakan bagaimana stabilitas motor dengan kecepatan segitu. Beuh antep juga nih Sonic 150R, keren nih body.

Ohya ada sisi sedikit kurangnya juga nih Sonic, habis memakai CB150R kemudian berpindah ke Sonic, lah kok ada feel getaran sih Sonic ini agak terasa ya. Walau tidak mengganggu sangat tapi ya getaran di Sonic cukup terasa mas bro.

Untuk masalah over gigi, EYD suka model tuas persnelingnya masih ngikuti trah bebek pada umumnya menyediakan opsi tuas belakang. Perpindahannya juga cukup halus.

Konsumsi BBM dari klaim pabrikan New Sonic 150R mampu meraih 45km/liter dan kapasitas tangki BBM sebesar 4,3 liter nampaknya ayago ini cukup irit dan bersahabat diajak riding jauh, diluar masalah kenyamanan tentunya.

Last dengan impresi riding yang sudah EYD rasakan dari ayago Sonic 150R ini, dengan segala suguhan fitur, performa dan handling nampaknya menutup kemungkinan ayago dari AHM ini akan menjadi favorit baru bagi anak-anak muda. Selamat buat AHM atas rilis ayago yang sudah lama tidur, dan terima kasih juga buat HC3 yang sudah memberikan kesempatan untuk test unit Sonic 150R ini.

This entry was posted in Honda, Test Ride and tagged , . Bookmark the permalink.

8 Responses to Test Ride New Sonic 150R, lincah dan antep di kecepatan 120kpj

  1. Fatamorgana says:

    Wooh…ada juragan bonsai naek Sonic merah. eh…

  2. Asep Juga says:

    …..dan itu msh standar, gmn kalo dah dikorek, ganti knalpot……

  3. buskuit monde says:

    numpang tanya kang
    kalo untuk perbandingan dengan mx king kurang lebihnya dimana ya
    soale niat pengen minang mx king tp sonic udah keburu nongol jadi galau deh
    selama ini ane usee satria fu…
    kalo bisa perbandingan dengan fu juga,hehe…
    sebagai user fu untuk commuter harian menurut saya fu terlalu cengeng
    ganti shim,tensioner, keteng di km 10000
    ganti kanvas kopling di km 20 ribu
    dulu saya user mx keluaran tahu. 2008 dan sangat puas dan gak rewel makanya sekarang niat balik balik lg k yamaha yg terkenal bandel dan partnya awet(menurut pengalaman saya)
    tapi galau juga nih nongol sonic

    • endrik says:

      Untuk perbandingan dgn MX King yang pernah dicoba, akselerasi torsinya beda-beda tipis, namun power atas Sonic terlihat lebih tinggi sedikit dari si King, kmrn keliatan waktu pantengin 120, sisa throtle gas msh banyak.
      Untuk konteks dipakai commuter harian Sonic sudah pasti lebih irit dari Satria, buat stop n go paling pas nih jabanin King, tapi kl masalah keawetan sparepart Sonic ini blm ada datanya soale bukan user…hehehe
      Spare part gen MX memang awet dan paling bersahabat dengan kantong2 anak mahasiswa. MX Strada sudah membuktikannya.

      • Wahyu says:

        Putaran atasnya sonic lebih panjang dan bertenaga ya mas dibanding mx king?

        Kalo putaran bawah sepertinya masi pegang king deh hihihi

        Anr juga bingung ini,, antara sonic apa king
        Mau test drive sonic dulu, kemaren udah test drive king ama fu,, overall masi enak king, tapi kadang juga kangen napas panjang ama power atas fu yg sepertinya bisa lebih di dapat di sonic ketimbang king

  4. buskuit monde says:

    makasih kang pencerahannya…
    nah ini nih yg bikin galau mx king atau sonic keduanya memang beti alias beda tipis
    tapi setelah merenung saya 65% condong k mx king, berdasarkan pengalaman pakai varian mx yg sangat gak rewel dan di tambah tampilannya yg kekar

    kang wahyu@ emang salah satu yg bikin kangen sama satria fu itu tarikan n puteran atasnya, tp sayang kualitas partnya kurang

  5. akit says:

    Sama nih sy jg lg bingung mau ambil king atau sonic, sayangnya di king ga ada warna full white kesukaan sy sedangkan di sonic ada. Hadeeh….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *