Test Ride Honda New CB150R, tenaga merata di setiap putaran plus minim getaran

Test Ride New CB150R

Test Ride Honda New CB150R

Salam sejutaumat, mas bro sekalian melanjutkan sesi test ride Jum’at kemarin yuk kita lanjut ulasan impresi dari unit Honda New CB150R. Sebelum bergantian menggunakan New Sonic 150R, EYD menggunakan New CB150R dan memang langsung terasa perbedaan feel impresi ridingnya.

Melihat sosok New CB150R memang bikin gak sabar ingin untuk segera menapak di atas joknya, daya tarik pertama yang didapat adalah saat melongok ke sudut pandang dari atas melihat ke dashboard si CB, sangat moge look dengan desain dashboard full LED minimalis begini, akan lebih dapet kesan streetfirenya seandainya menggunakan stang model fatbar.

Test Ride New CB150R

Coba hidupkan kunci kontak, New CB150R langsung dinyalakan, terdengar suara yang lebih halus dari knalpot jika dibandingkan versi CB lawas. Desain knalpot yang lebih panjang berperan disini. Walau secara overall desain New CB150R ini EYD nilai keren, namun ketiadaan fitur engine cut off dan pass beam membuat sang naked ini berkurang tingkat kemachoannya, berharap di update selanjutnya nanti AHM akan mau menambahkan fitur yang menjadi standar motor sport ini.

Handling dan Riding Position

Setelah duduk di atas jok si CB, kaki-kaki EYD dengan tinggi 165cm agak jinjit sedikit, maklum si CB memiliki tinggi seat height 79,7cm. Riding position dari motor ini agak agak tegak sehingga masih nyaman untuk dipakai perjalanan jauh.

Test Ride New CB150R

Setelah cukup mengetahui impresi riding position, rombongan etape kedua Blogger test dimulai, coba masuk gigi 1 lumayan halus. Setelah keluar ke jalan raya yang mulai agak ramai kita langsung ngegas ke arah Polsek Cipayung (rute sama dengan sebelumnya waktu test Sonic 150R). Disini EYD mencoba segi handlingnya bagaimana. Tetap kesan ringan dari sang naked ini masih terasa  padahal sudah memakai ban gambot di versi new ini. Motor cukup mudah ditekuk meliuk-liuk keluar dari keramaian.

Performa

Ketika masuk jalanan agak lowong disitu EYD memberanikan betot gas secara maksimal, disini terlihat raihan setiap gigi hampir sama dengan test Sonic, dimana gigi 1 mampu berteriak hingga 40kpj, gigi 2 60 kpj dan gigi 3 90 kpj. Selebihnya gigi 4 tidak sempat digeber sampai habis karena keterbatasan jalanan umum. Top speed hanya sempat teraih 105kpj di gigi 5 (putaran mesin kalem belum buka throtle lebih dalam).

Memang dengan konfigurasi mesin baru yang cenderung square saat ini (57.3 x 57.8mm), tendangan torsi begitu kuat terisi. Feel berakselerasi dengan motor ini serasa sama feelnya dengan NVL, 11-12 tarikannya mas bro. Namun sedikit beda untuk saluran power di setiap putaran cenderung rata dan linier.

Test Ride New CB150RTest Ride New CB150R

Saat memasuki tikungan dalam terowongan pintu masuk TMII (Ceger) setelah start dari lampu hijau EYD memberanikan diri agak menekuk si CB lebih dalam tapi tidak sampai footstep menyentuh aspal. Hasilnya motor stabil diajak rebah, peran dari kaki-kaki yang semakin gambot ada disini.

Yang menjadi catatan EYD di sektor ini juga adalah getaran mesin, dibanding Sonic 150R getaran mesin yang dihasilkan saat berakselerasi kencang tidak begitu terasa di gen New CB ini, nilai plus buat si CB.

Pengereman dan Suspensi.

Untuk pengereman sudah lumayan pakem, overall sejak gen old CB pengereman memang sudah mulai pakem dibanding generasi motor-motor sport Honda lawas dulu.

Test Ride New CB150R

Untuk redaman suspensi di New CB150R ini susah untuk membedakannya dengan versi CB sebelumnya, masih samalah. Dengan model pro-link suspensi CB tetap lebih baik dibanding suspensi NMP yang belum menganut link.

Test Ride New CB150R

Kesimpulan:
Entah kenapa setelah coba rasakan langsung motor ini, secara akselerasi kok sama plek dengan NVL, hm..nampaknya AHM bener-bener develop New CB150R untuk digedorkan ke NVL head to head, istilahnya bagi calon konsumen untuk mendapatkan jagoan baru motor yang enak dipakai stop n go New CB150R ini sudah bisa menjabani NVL.

Ohya ada sedikit catatan kecil pada saat EYD sedang riding di belakang unit New CB yang lain, fokus mata EYD tertuju ke desain stoplamp dan buritan. Entah kenapa kok melihat desainnya seperti ada aura motor lain, desain baru buritan dan stoplamp LED-nya sepertinya butuh waktu bagi sebagian orang bahwa ini adalah motor Honda (New CB150R).

Satu lagi perihal kompresi yang kini menjadi 11.3 : 1, walau klaim pabrikan menyatakan tetap aman menenggak BBM RON 88 Premium, namun EYD menyarankan malah motor ini kudu minum Pertamax Plus dengan kompresi setinggi itu.

Cuplikan Video Riding Test New CB150R

This entry was posted in Honda, Test Ride and tagged , , . Bookmark the permalink.

7 Responses to Test Ride Honda New CB150R, tenaga merata di setiap putaran plus minim getaran

  1. 4ndika says:

    Untuk akselerasi mesin dibanding mx strada feelnya gmna bang?

  2. lovemotobike says:

    lampu belakang mika putih plus behelnya agak punya aura minerva x-road :mrgreen:

  3. ardee says:

    milih ini apa r15 yak .?

    iklannya gede banget kang pas masuk ngalingin artikel… apa sya doang yg liat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *