Ini alasan AHM memasukkan New Sonic 150R sebagai Light Sport, bukan bebek super

Test Ride New Sonic 150R

New Sonic 150r sebagai Light Sport

Salam sejutaumat, mas bro sekalian pada saat pemaparan product knowledge kedua produk terbaru AHM ke Blogger, ada yang menarik dan salah satu yang EYD tanyakan ke pihak AHM perihal kenapa sih gaya AHM dari dulu (CS1) dimasukkan ke segmen sport bukan ke kategori underbone? Nah disini kembali AHM lewat produk terbarunya New Sonic 150R juga dimasukkan ke segmen sport lebih tepatnya ke light sport.

Seperti kita ketahui bahwa secara bentuk frame Sonic 150R maupun generasi CS1 terdahulu sama-sama menggunakan frame underbone. Namun AHM punya alasan lain kenapa produk ayago mereka bukan kategori motor underbone, kira-kira inilah yang menjadi beberapa alasannya.

  1. Penggunaan Setang Jepit
    Setang jepit memang menjadi salah satu ciri khas motor sport kebanyakan, namun di history sepeda motor yang pernah ngaspal di tanah air fitur ini juga ada di beberapa motor bebek ayago.
    New Sonic 150R
  2. Shock Depan Panjang
    Shock depan dengan traveler panjang memang mustahil ditemukan di motor bebek, shock depan tipe full yang memiliki 2 yoke adalah fitur standar di motor sport.

    Shock depan Sonic 150R

    nyomot Om Kobayogas

  3. Tipe Mesin Vertikal
    Semua motor sport menggunakan konfigurasi mesin yang tegak, hanya Honda Win 100 yang pernah menggunakan konfigurasi mesin tidur, CMIIW. Tapi di kategori motor underbone, konfigurasi mesin tegak juga dianut oleh motor-motor bebek high performance seperti Jupiter MX series dan motor-motor ayago.
    New Sonic 150R
  4. Penggunaan kopling manual
    Fitur ini sepertinya tidak lagi menjadi monopoli motor sport saja, terbukti sebagian besar motor bebek high performance juga menggunakan fitur kopling manual.

    New Sonic 150R

    pic: Dapurpacu.com

  5. Model Perpindahan Gigi 1-N-2-3-4-5-6
    Model pengoperasian gigi 1-N-2-3-4-5-6 memang hampir menjadi standar pengoperasian transmisi di motor-motor sport, tapi di bebek juga ada beberapa seperti pada Jupiter MX

    New Sonic 150R

    pic: Dapurpacu.com

Bagi EYD menarik mendengar langsung alasan dari AHM kenapa Sonic dimasukkan (mungkin nanti ke data penjualan) ke segmen sport. Ada satu paparan yang EYD kutip:

“Dengan kontribusi yang dominan di kategori sport, Honda akan mengembangkan naked sport & light sport model di segmen sport tengah untuk memenangkan kategori sport.”

Pasar Sport AHM

Nah semakin jelas dari paparan tersebut ternyata memang AHM berambisi banget untuk memenangkan segmen sport yang sepertinya alot banget untuk digenggam AHM. Sonic 150R sendiri ditargetkan terjual 11 ribu per bulan, angka ini jika dimasukkan ke penjualan sport tentu bisa mendongkrak MS sport Honda. Kompetitor jika tidak segera menambah line up baru di segmen ini kudu waspada dengan ini, so melihat kebiasaan penjualan di masa-masa euforia kedua produk sport terbaru AHM, apakah segmen sport akan dimenangkan oleh Honda dalam 2-3 bulan ke depan, kita tunggu saja mas bro.

This entry was posted in Dunia Motor, Honda and tagged , , , . Bookmark the permalink.

9 Responses to Ini alasan AHM memasukkan New Sonic 150R sebagai Light Sport, bukan bebek super

  1. yudibatang says:

    absen mbah… Lho iki blogke ono iklan GAne?? mengko tak klik’ki sing akeh :v

  2. Kururu says:

    Bukannya honda bakal keluar bebek super yg mesinnya sama tpi dgn body khas bebek buat lawan mx

  3. fandiartz says:

    Saya kira karena lapar…
    :D

    Analisis lap by lap Indianapolis 2015, Marquez vs Lorenzo
    http://wp.me/p1Foe8-3D

  4. prabu says:

    Ah. Persetan dg kategori. Mau masuk sport atau apa. Yang penting itu per tipe laku berapa. Toh istilah sport itu juga sumir banget.
    Ada yg bilang sport itu yg pake fairing. Ada yg bilang sport itu stangnya rendah. Bla…bla…..

    Kalo menurut saya,mio itu juga jenis sport. Karena nyata2 ada tulisannya sporty. Hehe….

  5. Tifarpus says:

    Untuk memenangkan MS sport, itu poin utamanya. Angka penjualan sonic dipake untuk menggelembungkan angka penjualan sport AHM secara keseluruhan, pintar atau cerdik? Atau licik?

  6. yht2506 says:

    ujung2nya sih mau ngalahin satria….yg bukan bebek juga…
    ———————
    https://yht2506.wordpress.com/2015/08/12/givi-bakal-jual-helm-khusus-untuk-pasar-indonesia/

  7. farifairis says:

    bebek yang ngakunya raja..
    ayago yang ngakunya sport..
    wkwkwkwk… :D

  8. Pingback: » 5 Alasan AHM, mengapa All New Honda Sonic 150R masuk kategori motor sport

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *