Komitmen AHM dalam Mendukung Keselamatan Berkendara lewat Kompetisi Instruktur Safety Riding

Kompetisi Instruktur Safety Riding

Salam sejutaumat, mas bro sekalian baru-baru ini AHM kembali menggelar kegiatan rutin kompetisi Instruktur Safety Riding yang bertempat di Palembang, beberapa rekan Blogger juga terlibat ikut meliput ke TKP. Memang untuk event satu ini AHM konsisten terus mendukung segala kegiatan yang berhubungan dengan keselamatan berkendara. Tak terasa ternyata event ini sudah 9 kali digelar sejak tahun 2007 silam.

PT Astra Honda Motor (AHM) memantapkan komitmennya di bidang keselamatan berkendara dengan kembali mengadakan “Astra Honda Safety Riding Instructor Competition” (AH-SRIC) yang melibatkan 1650 instruktur dan advisor safety riding Honda dari seluruh Indonesia. Kegiatan ini digelar secara konsisten sebagai salah satu tanggung jawab sosial perusahaan di bidang keselamatan berkendara. Mengusung tema “Satu Hati untuk Aman Berlalu lintas,” AH-SRIC 2015 diikuti oleh 150 instruktur safety riding main dealer Honda, 1000 advisor safety riding dealer Honda, hingga melibatkan 500 advisor safety riding komunitas Honda  dari berbagai wilayah di Indonesia.

Kompetisi Instruktur Safety Riding

Seleksi dilakukan di tingkat regional dan terpilih para perwakilan instruktur dan advisor safety riding Honda terbaik dari setiap wilayah untuk menguji kompetensi di tingkat nasional. AH-SRIC 2015 tingkat nasional digelar pada tanggal 9-11 Agustus 2015 di Pelabuhan Tangga Buntung, Palembang diikuti oleh 46 Instruktur safety riding main dealer Honda, 41 advisor safety riding komunitas Honda, dan 9 advisor safety riding dealer Honda.

GM Marketing Planning and Analysis AHM A. Indraputra mengatakan kompetisi instruktur safety riding ini merupakan salah satu bukti konsistensi komitmen dan partisipasi AHM dan jaringan bisnisnya dalam mengkampanyekan keselamatan berkendara di Tanah Air. Perusahaan berusaha mengantarakan para instruktur dan advisor safey riding Honda untuk menjadi agen perubahan peningkatan kesadaran keselamatan berkendara di tengah masyarakat.

Kompetisi Instruktur Safety Riding

“Kompetisi ini bagian dari upaya kami untuk memastikan kompetensi instruktur-instruktur Honda yang terus terasah agar senantiasa dapat melayani masyarakat dengan lebih baik dalam hal edukasi keselamatan berkendara,” ujar Indraputra.

Dalam AH-SRIC 2015, AHM membuka 4 kategori kelas, yaitu kelas instruktur, kelas advisor komunitas, kelas advisor dealer, dan kelas instruktur wanita. Keberadaan instruktur safety riding wanita diharapkan dapat memberikan pendekatan yang lebih efektif dalam memberikan edukasi keselamata berkendara bagi kalangan kaum hawa. Sementara advisor safety riding dealer merupakan ujung tombak pelayanan jaringan Honda yang memberikan PDSA (Pre Delivery Safety Advise) kepada pembeli sepeda motor Honda sekaligus edukasi keselamatan berkendara kepada masyarakat sekitarnya di daerah. Selain itu, advisor safety riding komunitas memegang peranan penting dalam menularkan virus positif kesadaran keselamatan berkendara di tengah beragam kegiatan komunitas sepeda motor Honda.

AH-SRIC menerapkan standar internasional kompetisi safety riding Honda. Setiap peserta mengikuti ujian yang meliputi Coaching skill, Braking, Narrow Plank, Training tool Aid Improvement dan Slalom Course. Khusus untuk advisor safety riding komunitas dan dealer, diuji pula pengetahuan terkait keselamatan berkendara.

Coaching Skill dipakai untuk menguji kemampuan peserta dalam menyampaikan materi edukasi keselamatan berkendara. Sehingga melalui skema seperti ini dapat diukur bagaimana kemampuan peserta dalam menjelaskan materi tersebut secara efektif kepada konsumen.

Selain diuji kemampuan menyampaikan materi Safety Riding, peserta juga diuji kemampuannya dalam menghentikan kendaraan secara stabil dalam jarak pendek melalui tes Braking Skill. Sementara itu, kemampuan peserta dalam menjaga keseimbangan dengan kecepatan tertentu diuji dalam uji Narrow Plank (Kecepatan yang ekstra pelan dengan tetap menjaga postur berkendara), dan Slalom Course (keterampilan pengendaraan dan pengendalian setang kemudi dengan posisi berkendara yang benar).

“Pertengahan Oktober tahun ini, AHM akan mengirimkan duta Indonesia ke Kompetisi Instruktur Safety Riding Honda tingkat international di Jepang. Kami berharap prestasi tingkat internasional yang diraih tahun lalu akan kembali diraih oleh para instruktur safety riding Honda ini.”(PR/AHM)

This entry was posted in Dunia Motor, Honda, Safety Riding and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *