Sekepal Aspal Indonesia Motoart Exhibition (SAIME) 2015, ajang pameran karya penggila motor custom

SAIME 2015 Joglo

Salam sejutaumat, mas bro sekalian bertempat di Joglo Kemang, Unity Pitstop kembali hadir dalam ajang Sekepal Aspal Indonesia Motoart Exhibition dimana para builder motor kustom Indonesia memamerkan hasil karya mereka. Event ini adalah kali ketiga setelah sebelumnya pernah diadakan di Coffee Tian SCBD dan Menteng.

Dimulai sejak 2013, SAIME adalah pameran karya bagi builder yang punya passion yang mendalam akan motor kustom. Tahun ini, SAIME akan menghadirkan lebih dari 20 motor kustom, 3 pinstriper berbakat, 9 artis seni, desain dan fotografer, serta beberapa brand apparel atau riding gear asal Indonesia. Melalui SAIME, khayalak umum dapat mengenal dan lebih menghargai akan karya-karya seni dari builder Indonesia, serta menjalin solidaritas dengan komunitas lainnya.

SAIME 2015 Joglo

Sebagai salah satu builder Indonesia dan juga penggiat motor kustom, Ade Habibie berkomentar bahwa dunia motor kustom Indonesia saat ini sedang berkembang dan makin digemari. Bagi para builder, motor bukan hanya sebuah kendaraan, melainkan juga bagian dari lifestyle mereka. Saya sendiri mulai mendalami kustom karena hobi, tetapi semakin lama, motor kustom sudah menjadi sebuah hasil karya seni bagi saya. Untuk itu, saya berterima kasih atas dukungan Unity Team yang telah memfasilitasi kegiatan seperti ini untuk memperkenalkan motor kustom ke komunitas yang lebih luas, lanjut Ade.

Penggagas acara SAIME, Sammy Bramantyo menjelaskan pameran ini bermula dari kesamaan minat untuk mengekspresikan diri melalui motor. Dulu kami semua hobi ngulik motor, tetapi saat ini, motor kustom bukanlah sekedar hobi tapi hasil karya wujud dari ekspresi jati diri kami masing-masing. Kami sudah banyak melihat karya-karya motor kustom yang layak diapresiasi sebagai karya seni. Banyak dari motor yang kami pamerkan di acara ini menggambarkan karakter para buildernya masing-masing, motor itu sudah menjadi bagian dari jati diri dan lifestyle mereka, jelas Sammy.

SAIME 2015 Joglo

Perkembangan motor kustom di Indonesia memang menggembirakan. Saat ini, para builder maupun artis kustom di Indonesia telah mampu menunjukan eksistensinya di berbagai ajang mancanegara. SAIME adalah tempat bagi mereka untuk menunjukan karya mereka sambil bertukar pikiran dengan sesama builder dan artis kustom lokal, serta membangun solidaritas dengan anggota komunitas lainnya.

Menurut Ade, agar para anggota komunitas dapat meningkatkan solidaritas dengan anggota lainnya, maka ada peraturan-peraturan tidak tertulis yang dipahami oleh para cowo. Unity Team menjelaskan kode-kode cowo ini dalam kata-kata yang sebelumnya belum pernah dibahas oleh para cowo. Kode-kode ini bisa menjadi panutan dalam pergaulan sehari-hari. Salah satu contoh nyata yang bisa kita lihat saat ini adalah kode Cowo Wajib Punya Mainan karena cowo pasti punya hobi tersendiri, baik itu mobil, motor, fotografi, karya seni ataupun mengoleksi barang tertentu. Ada beberapa dari kita yang membawa hobi tersebut menjadi sesuatu yang lebih dari sekedar mainan pelepas penat, contohnya para builder di sini, tambah Ade.

Unity Pitstop merupakan tempat berkumpulnya para cowo untuk berbagi cerita dan pengalaman dan membangun solidaritas dengan komunitas lainnya. Untuk mengakrabkan dan memperluas solidaritas komunitas masing-masing, mereka pun dapat bergabung di forum online www.unity-team.com. Bertajuk Saudara Satu Aspal, forum ini adalah wadah untuk mempererat solidaritas para cowo, khususnya bikers Indonesia.

Berikut beberapa jepretan karya-karya motor custom yang sempat EYD ambil di ajang Sekepal Aspal Indonesia Motoart Exhibition (SAIME) 2015.

This entry was posted in Dunia Motor and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *