Menerawang peta persaingan pabrikan sepeda motor tanah air di 2016

Yamaha M-Slaz

Menarik mencoba menerawang peta persaingan pabrikan sepeda motor di tahun 2016 mendatang. Menjelang akhir 2015 kondisi kue market sepeda motor menggambarkan bahwa AHM semakin kuat mendominasi memimpin market lewat perolehan marketshare nasional 70.5%. Dengan bergesernya penjualan sport Yamaha di bulan Oktober oleh sport AHM apakah akan menjadi pertanda dominasi total AHM menguasai semua segmen market sepeda motor tahun depan? Yuk kita simak.

Disinyalir persaingan akan semakin memanas di segmen sport dan matic premium antar pabrikan Jepang di tanah air. Kalau segmen bebek walau terdengar AHM akan menelurkan bebek supernya, peperangan tidak akan segegap gempitanya persaingan di kelas sport dan matic.Tapi ditengah serunya persaingan motor di 2016, info daritetangga www.unity-team.com ada juga model yang dinantikan salah satunya dari KTM http://bit.ly/1TmJvYV. Wuihhh makin seru aja nih.

New CBR150R Facelift

Beberapa line up sport yang akan brojol di 2016 sudah santer terekspos, mulai dari MT15, gak pake lama sepertinya AHM juga terdengar akan menggelontorkan All New CBR150R dengan new design + full LED. Gimana dengan R15?Sementara belum ada update yang sahih kalau YIMM bakalan merilis major change dari R15 ini untuk mencounter balik kehadiran All New CBR150R.

Honda CBR250RR

Yang gak kalah untuk dinantikan bagi penggemar motor sport di tanah air tentunya adalah kelahiran CBR250RR, produk pecah telor 2 silinder dari Honda yang akan mengisi peperangan sport seperempat liter yang sebelumnya sudah berdarah-darah diisi Ninja 250 FI dan R25. Akankah CBR250RR mampu memikat para antusiasme pecinta klan CBR, kita tunggu saja tanggal mainnya mas bro.

Honda PCX 150 vs Yamaha NMAX

Di segmen matic peta persaingan yang ditunggu-tunggu adalah di kelas matic premium. Sepertinya NMAX masih melenggang sendirian dan semakin diminati hingga akhirtahun 2015.Menarik untuk menerawang langkah AHM akankah tertarik untuk melokalkan matic premiumnya PCX 150 untuk bisa head to head dengan NMAX. Belum sampai disitu, dari beberapa spyshot di beberapa blog, sepertinya YIMM tidak berhenti sampai disitu, kemunculan skutik premium dengan kubikasi lebih besar tak lama lagi akan hadir di market, yap XMAX 250 sepertinya cukup menggoda menjadi pilihan upgrade tahun depan jika benar brojol.Kawasaki Versys 250

Kalau ngomongin perang pabrikan di zona red ocean gak akan ada habisnya memang. Walau persaingan pabrikan menggelontorkan produk-produk motor terbaru menguntungkan kita sebagai konsumen, namun kita berharap di tahun 2016 pabrikan sudi mencoba ranah baru masuk ke market yang belum pernah disentuh, blue ocean strategy. Seperti line up sport adventure 250cc nampaknya belum ada yang menggarap. Beberapa bulan lalu sempat terekspos pabrikan Kawasaki akan merilis Versys versi 250cc, nah segmen ini walau gak segurih kelas streetbike/naked bike tetap wajib ada yang mau menggarapnya. Yakita sama-sama berharap tahun 2016 ada salah satu pabrikan yang tertarik untuk masuk kesegmen ini.

Lewat produk Yamaha R25 dan NMAX Indonesia mulai bersinar dipercaya menjadi basis produksi produk global. Tahun 2016 kita berharap semakin banyak lagi line up global yang akan diproduksi secara lokal. Nah masih penasaran dengan CBR250RR nanti apakah bakal diproduksi disini, jika ya alhamdulillah bingit :)

Sekali lagi, dengan munculnya MT15 ketanah air tahun depan, sepertinya fitur-fitur wah yang selama ini menjadi milik motor kelas premium bakal jamak dan boleh jadi akan menjadi fitur standar di masa depan. Fitur ABS, Upside Down, Banana arm, full LED akan meramaikan persaingan pabrikan motor di tanah air, kembali lagi kita sebagai konsumen semakin diuntungkan punya banyak pilihan.

Ternyata udah mulai banyak artikel yang membahas mengenai kemunculan berbagai motor keren di 2016. Salah satunya di web www.unity-team.com seperti info mengenai Benelli TRK 502 yang siap masuk Indonesia http://bit.ly/1OU91kw atau Ducati yang mulai promosi Multistrada 1200 Enduro http://bit.ly/1OoUyws.

Monggo mas bro yang punya bocoran motor-motor apa saja yang akan keluar di tahun 2016 mari dibocorkan untuk bahan diskusi :)

This entry was posted in atpm, Dunia Motor and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

5 Responses to Menerawang peta persaingan pabrikan sepeda motor tanah air di 2016

  1. lexyleksono says:

    Mantaap..kita tunggu kehadiran produk2 baru di 2016.

  2. Semoga aja kalo produsen bersaing gini bisa semakin turun harga jualnya

    • handoyo25 says:

      persaingan belum tentu menurunkan harga jual, cara cerdas bersaing adalah dg harga yg relatif seimbang, accesories/fitur apa yg bisa diberikan kpd konsumen :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *