Tips WordPress – Widget tidak muncul di Mobile Theme, begini triknya

 

Widget tidak muncul di Mobile Theme

Salam Blogger, bagi anda yang bergantung penuh dengan penggunaan plugin Jetpack di WordPress, adakalanya menggunakan modul Mobile Theme bawaan Jetpack untuk tampilan tema di layar mobile. Salah satu alasannya karena themes yang dipakai tidak mendukung fitur responsive atau mobile friendly, sehingga modul ini cukup banyak membantu karena powerful.

Namun ternyata di beberapa themes, khususnya themes lawas yang sudah tidak mendapat update lagi, seperti Twenty Ten Themes misalnya ditemui kendala bahwa widget atau area sidebar tidak muncul di mobile theme. Saya termasuk yang gak ngeh awal-awal, tapi begitu ngeh cukup effort juga utak-atik skrip hingga googling mencari kesana kemari solusi dari permasalahan widget tidak muncul di mobile theme ketika dibuka di HP.

Setelah baca-baca dokumentasi Jetpack dengan seksama, barulah saya ketemu solusinya. Ternyata modul Mobile Theme milik Jetpack hanya mendukung satu sidebar saja yang ditampilkan di versi mobile. Jadi kalau themes anda terdiri dari beberapa area widget, Jetpack hanya menampilkan satu saja area widget. Syaratnya agar widget yang bisa tampil di versi mobile adalah harus memiliki nama/id “sidebar-1”, maksudnya gimana?

Hehehe..oke langsung saja ini saya share tipsnya yang agak teknis. Dalam case ini themes yang bermasalah adalah Twenty Ten, ingat kuncinya adalah id nama sidebar yang ingin tampil di mobile version harus persis sidebar-1, nah untuk memastikannya coba buka file functions.php dari themes (akses menu Appearance -> Editor).

Setelah terbuka cari fungsi register_sidebar(), isi barisnya kurang lebih seperti ini.

register_sidebar( array(
'id' => 'sidebar-1',
'name' => __( 'Right Sidebar', 'theme-text-domain' ),
'description' => __( 'This sidebar is located in the right column', 'theme-text-domain' ),
) );

Dalam contoh di atas, sidebar kanan diganti nama id-nya menjadi sidebar-1.

Harap catat, jika themes anda mendukung beberapa area widget, hanya satu widget yang akan ditampilkan di mobile themes, jadi anda harus putuskan area widget mana yang ingin ditampilkan di versi mobile, setelah itu tinggal diberi nama id sidebar-1 selesai.

Silahkan dicoba semoga bermanfaat.

This entry was posted in Wordpress and tagged , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Tips WordPress – Widget tidak muncul di Mobile Theme, begini triknya

  1. jasa vps says:

    terima kasih infonya sangat membantu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *