Akhirnya Jetpack merilis widget hit counter Blog Stats, sempurna sudah

widget hit counter Blog Stats

Salam Blogger, dulu sempat pernah berharap, kenapa widget hit counter ala wordpress.com tidak serta merta disediakan oleh plugin Jetpack untuk wordpress versi self-hosted. Dan ternyata setelah menunggu sekian lama akhirnya, entah sejak kapan karena saya tidak pernah mengikuti change logs versi plugin Jetpack, hari ini saya menemukan widget baru bernama Blog Stats di halaman dashboard widget blog ini, yes akhirnya.

Jika menilik situs Jetpack.com sepertinya fitur ini mulai diberikan sejak Jetpack versi 4.5 yang dirilis Januari 2017 lalu. Fyi, Blog Stats adalah fitur hit counter untuk menampilkan jumlah page views di widget front end yang bisa dilihat pengunjung. Sebelumnya Blogger hanya bisa melihat statistik jumlah page views blognya hanya dari halaman dashboard, sedangkan untuk ditampilkan di front end pengunjung, hal ini belum bisa dilakukan.

Tentu dengan adanya fitur terbaru dari Jetpack ini menambah lengkap sudah kemampuan WordPress di hosting, sudah hampir 11-12 dengan fitur-fitur yang diberikan oleh WordPress.com. Tak dipungkiri plugin Jetpack menjadi kebutuhan mutlak bagi Blogger yang menggunakan wordpress di hosting, karena segala fitur dan kemampuan yang ditawarkan di wordpress.com bisa diperoleh di CMS wordpress versi hosting. Jetpack seperti jembatan penghubung antara WordPress.com dan WordPress self-hosted, so bagi Blogger mantan wordpress.com yang hijrah ke hosting, kudu wajib install plugin sakti satu ini.

Oke yuk lanjut ngeblognya, WordPress semakin oke.

This entry was posted in Wordpress and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *