Cara mudah meningkatkan jumlah follower facebook fan page secara signifikan

meningkatkan jumlah follower facebook fan page

Salam Sejutaumat, memiliki jumlah follower banyak di fanpages Facebook merupakan salah satu modal bagi Blogger untuk dapat meningkatkan jumlah kunjungan ke situsnya, dan secara tidak langsung bisa menjadi trigger spirit tambahan untuk terus menelurkan konten-konten terbaik untuk pembaca.

Sebagai sesama Blogger, saya coba memberikan tips mudah bagaimana sih agar fanpages kita semakin bertambah signifikan jumlah followernya dari hari ke hari seiring dengan aktifnya kegiatan ngeblog kita. Saya belum tahu persis apakah tips ini bisa diaplikasikan untuk fanpages berjenis lain seperti produk atau jasa misalnya, tapi untuk fanpages seorang blogger yang kental dengan muatan konten-konten tulisan, tips ini bisa dipakai, trust me, it’s works :D

Oke singkat saja yuk langsung to the point, tapi ada catatan sebelumnya, pastikan semua langkah-langkah dibawah ini dilakukan semua, jangan hanya 1-2 nomer yang dipraktikkan.

  1. Pertama jelas buat dulu fanpages facebook anda kalau belum bikin, hehehe just kidding. Ya tapi gak ada salahnya saya mengingatkan diawal, karena kadang ada pembaca yang baca tulisan ini dengan semangat 45 tapi ternyata fanpages facebook saja belum punya :D
  2. Syarat pertama adalah bikin halaman fanpages kamu selalu aktif dan interaktif, maksudnya? Jangan biarkan dalam 1×24 jam halaman FP kamu tidak ada aktivitas, seminimal-minimalnya jika blog tidak ada mood tulisan di hari itu, bisa ambil quote atau mungkin berita/artikel sumber lain yang masih relevan dengan tema blog kamu untuk dipajang di halaman FP. Nah istimewanya FP di Facebook tidak masalah kalau kita menyajikan tulisan atau artikel dari berbagai sumber bahkan linknya langsung ditempel di halaman pun tidak ada masalah, yang penting selama postingan FP tersebut ada nilai pengetahuan/sharing yang bermanfaat untuk followers kita why not? Malah si owner tulisan menjadi senang kalau link mereka ditempel di fanpages, if you know.
    Interaktif disini maksudnya adalah kamu juga aktif meresponse komentar atau pesan yang masuk di halaman FP kamu. Gak rugi kok meluangkan sedikit waktu untuk membalas setiap pesan-pesan yang masuk, malah kadang dengan seringnya kita meresponse mereka, selalu saja ada ide tulisan baru yang muncul di benak. Dan gak sedikit loh blogger-blogger ternama, banyak artikel muncul gegara sumbangsih volunteer follower mereka di fanpages, nah.
  3. Masih sama dengan tips no.2, hubungkan publikasi blog kamu ke FP Facebook kamu, bagi pemula yang belum paham yang saya maksud, cari bagian Sharing di plugin Jetpack jika menggunakan WordPress self-hosted, disana kamu akan temukan banyak sekali pilihan postingan mau disharing secara otomatis kemana, ke Twitter, ke Facebook, Google+ monggo
  4. Jemur..!! Nah ini dia inti tips yang ingin saya sampaikan. Istilah jemur ini sudah lazim dan begitu familiar di kalangan Blogger. Walau sebetulnya dengan modal tulisan yang berkualitas saja traffik itu bisa datang dengan sendirinya, namun kadang perlu upaya-upaya akselerasi untuk meningkatkan jumlah kunjungan secara signifikan, yakni jemur (naruh link/titip link) di media sosial, khususnya Facebook. Nah kembali ke tema judul artikel kita, yang mau dibikin jengat adalah jumlah follower fanpages kita, gimana caranya dengan metode jemur yang dimaksud?Sebagai catatan, langkah awal untuk bisa menjemur tentu sebelumnya anda harus sudah join ke banyak group-group diskusi di Facebook, lebih bagus lagi group-group yang kita join adalah group diskusi yang relevan dengan tema blog kita, efek menjemur akan begitu efektif.Nah menjemur ternyata tidak asal share link di group facebook lalu selesai, ada trik khusus agar ketika kita menjemur artikel tidak hanya blog kita saja yang kecipratan traffik, namun fanpages FB kita juga mendulang followers-followers baru yang entah dari mana datangnya, mau kan?

Oke ikuti tips cara jemur yang efektif di group facebook berikut.

  1. Sharing artikel baru kamu di halaman fanpages, bisa cara manual atau otomatis via sharing publikasi yang saya jelaskan di awal tadi.
  2. Buka halaman fanpages kamu lalu cari postingan blog yang baru saja dipublikasikan
  3. Klik menu Share di bagian bawah postingan, pilih Sharemeningkatkan jumlah follower facebook fan page
  4. Ada banyak pilihan sharing, untuk kali ini kita pilih Share in a groupmeningkatkan jumlah follower facebook fan page
  5. Ketik nama tujuan group yang mau disharing, biasanya ketika baru ketik 1 kata sudah muncul autocomplete pilihan nama groupmeningkatkan jumlah follower facebook fan page
  6. Tulis sepatah dua kata untuk menjelaskan isi link jemuran, atau boleh kosongkan saja untuk hanya sharing linkmeningkatkan jumlah follower facebook fan page
  7. Klik Post, nah lakukan hal yang sama untuk group-group FB lainnya sebanyak mungkin selama masih relevan ya

Dengan trik di atas, pengguna facebook di group yang membaca sharing link tadi, selain bisa membaca judul link yang dibagi, juga secara otomatis pasti dia akan membaca nama fanpages kita. Dari pengalaman selama ini dengan teknik jemur seperti ini selalu ada followers-followers baru yang like FP beberapa jam setelah kita jemur, semakin banyak jemuran kita maka potensi bertambah followers baru juga semakin besar.

meningkatkan jumlah follower facebook fan page

Sekian tips dari saya yang simpel namun efektif, semoga bisa bermanfaat untuk diaplikasikan di FP blog masing-masing pembaca, salam Blogger.

This entry was posted in Internet and tagged , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Cara mudah meningkatkan jumlah follower facebook fan page secara signifikan

  1. Biker mendowan says:

    Fp ku tidak ada pilihan untuk share ke grup2 pak.. Atau perlu di update app fb nya yah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *