Pindah ke self-hosted, pastikan domain juga ikut pindah dari wordpress.com

domain expired di wordpress

Salam Sejutaumat, walau secara fitur, kemudahan dan ketangguhan wordpress.com sudah lebih dari cukup untuk sebuah ekspetasi kenyamanan ngeblog, tapi selalu ada saja alasan blogger-blogger untuk hijrah menggunakan wordpress di hosting (self-hosted). Beberapa alasan diantaranya karena ingin mencari kenyamanan lebih dan fleksibilitas utak-atik skrip theme, juga alasan lain misal agar bisa dipasangi banner iklan atau google adsense.

Untuk alasan yang saya sebut terakhir, dengan berubahnya kebijakan periklanan di WordPress (Wordads) yang kini bisa berjalan di wordpress.org (self-hosted) makin banyak blogger yang berbondong-bondong pindah ke hosting agar bisa double earning, hehehe (maksudnya mendapat penghasilan dari Wordads dan Adsense sekaligus).

Tulisan ini mencoba memberikan reminder kepada blogger, karena umumnya ketika proses pindahan konten blog ke hosting, switching yang dilakukan hanya sebatas merubah nameserver (dns) atau hanya pointing IP ke server baru di hosting. Sementara manajemen dan pengelolaan domain masih tetap nyantol di WordPress.com. Artinya untuk administrasi perpanjangan domain dan perubahan tetek bengek lainnya masih berurusan dengan WordPress.com

Nah saran saya bagi yang pengalamannya persis seperti cerita di atas, ada baiknya sejak pindah ke hosting, manajemen domain juga segera ditransfer out ke registrar lain, kenapa? Setidaknya ada 2 hal kerugian jika domain tetap tinggal di registrar WordPress (Wild West Domain)

Yang pertama, blogger akan kena biaya perpanjangan domain lebih mahal setiap tahunnya jika domain masih diperpanjang di WordPress.com. Walau sudah pindah hosting, tagihan domain + mapping domain sebesar $18 wajib dibayar (sekitar 250ribuan kalau dirupiahkan). Bandingkan jika domain jauh-jauh hari sudah ditransfer out keluar, maka blogger hanya dikenakan biaya transfer domain/perpanjangan domain paling mahal 140rb (untuk .com/net/org)*

Kerugian kedua dan ini yang paling fatal kalau gak teliti. Blogger yang jarang cek email atau sering lupa, apalagi email korespondensi yang berhubungan dengan domainnya di wordpress, bisa mengalami hal pahit kemungkinan akan kehilangan domainnya untuk selama-lamanya. Nah loh kok bisa?

Entah kenapa dan ini masih menjadi pertanyaan buat saya pribadi, kenapa domain yang sudah expired di wordpress.com statusnya masih tetap bisa diakses bahkan hingga 30 hari lebih semenjak expired, padahal normalnya ketentuan umum di registrar 1 hari saja lewat dari tanggal expired domain pasti sudah tidak dapat diakses besoknya, namun masih bisa diperpanjang hingga masa tenggang 30 hari setelah tanggal expired.

Loh Blogger kok jarang cek email? Bukan jarang tapi umumnya email korespondensi kontak domain masih sama dengan email owner blog (sudah pasti) nah seiring ramenya traffik blog, bayangkan jika setiap ada komentar masuk ke blog akan terkirim juga sebuah notifikasi komentar masuk ke email. Bisa bayangkan sehari Blogger kadang bisa menerima puluhan bahkan ratusan email dalam sehari. Akhirnya email-email penting kadang nyelip diantara ratusan email komentar blog, parahnya lagi kadang email notifikasi penting bin genting dari wordpress.com malah masuk ke folder Spam..

domain expired di wordpress

Trus apakah benar domain bisa hilang kalau telat bayar? Sangat bisa apalagi kalau sudah melewati masa tenggang 30 hari setelah expired, status domain akan berubah menjadi redemptionPeriod yang artinya masuk masa pelepasan. Sebetulnya masih bisa sih diperpanjang jika sudah melewati masa tenggang, tapi untuk menebusnya biaya yang dikenakan oleh Registrar sudah menjadi tidak wajar, beda registrar beda tarif, sekitar $160 dollar ke atas.

Registrar: WILD WEST DOMAINS, LLC
Sponsoring Registrar IANA ID: 440
Whois Server: whois.wildwestdomains.com
Referral URL: http://www.wildwestdomains.com
Name Server: No nameserver
Status: redemptionPeriod https://icann.org/epp#redemptionPeriod
Updated Date: 18-feb-2017
Creation Date: 06-jan-2014
Expiration Date: 06-jan-2017

Gak kuat bayar dan pasrah menunggu domain dilepas? Jangan harap, keberuntungannya tipis sekali 50:50, apalagi setahu saya di belakang Registrar Wild West Domains banyak sekali broker-broker domain yang siap mengambil alih domain-domain ber-status pendingDelete (sudah antrian akan dihapus).

Jadi solusi terbaik untuk terhindar dari mimpi buruk seorang blogger apalagi jika nama domainnya sudah turut membesarkannya, segeralah transfer domain keluar dari wordpress.com

This entry was posted in Ngeblog and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Pindah ke self-hosted, pastikan domain juga ikut pindah dari wordpress.com

  1. Biker mendowan says:

    Trmksh artikelnya pasti sgt bagi para nyubi kek kami ini.. Suwun pak pencerahane
    https://bikermendowan.wordpress.com/2017/02/26/sebuah-revolusi-sinnob-membuat-gearset-dari-serat-kevlar/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *