Home » Tutorial Wordpress » Migrasi WordPress dari wordpress.com ke wordpress.org, apa saja langkah-langkahnya?

Migrasi WordPress dari wordpress.com ke wordpress.org, apa saja langkah-langkahnya?

migrasi blog wordpress

Migrasi WordPress

Artikel ini akan memandu anda yang kini sedang memikirkan bagaimana proses pindah blog dari semula ngeblog di wordpress.com ingin beralih ke wordpress.org (self-hosted). Ada beberapa hal yang memang harus dipersiapkan sebelum melakukan proses pemindahan data-data dari blog wordpress.com, berikut adalah beberapa hal yang penting untuk dipersiapkan.

Domain dan Hosting
Nama domain dan hosting adalah salah satu hal yang mutlak yang perlu anda persiapkan. Perihal nama domain, kembali ke blogger apakah sebelumnya sudah memiliki nama domain dotcom sendiri atau masih menumpang di xxx.wordpress.com? Ada perbedaan persiapan antar keduanya.

Jika anda sudah memiliki nama domain sendiri sebelumnya entah itu dibeli lewat WordPress.com atau lewat provider registrar lain itu tidak masalah, nantinya anda hanya diminta untuk mengupdate nameserver (DNS) atau melakukan update pointing IP address domain anda via Domain Manager. Namun jika saat ini anda belum memiliki domain maka langkah yang harus anda lakukan adalah membeli sebuah nama domain yang masih tersedia untuk dapat digunakan. Perlu diperhatikan dalam pemilihan nama domain ini haruslah dipikirkan secara matang-matang, karena nama domain menggambarkan nice blog anda, juga digunakan untuk alasan branding yang kuat.

Berikutnya adalah pilihan paket hosting, ada banyak pilihan paket hosting yang ditawarkan penyedia layanan webhosting saat ini. Pemilihan paket hosting untuk kebutuhan ngeblog wordpress anda setidaknya pilih berdasarkan beberapa hal di bawah ini.

  • kapasitas space yang dibutuhkan, walau wordpress.com secara gratis memberikan kapasitas 3GB untuk penyimpanannya, namun tidak serta merta anda harus mencari paket hosting yang memiliki kapasitas sama. Bisa jadi penggunaan kapasitas blog anda saat ini hanya 500MB, jika demikian paket hosting yang menawarkan kapasitas 1GB sudah cukup untuk anda, toh jika di kemudian hari ada kebutuhan akan upgrade kapasitas space, hal ini cukup mudah dan cepat dilakukan oleh provider hosting manapun
  • bandwidth (data transfer) yang dibutuhkan, perlu diketahui dulu statistik blog anda, jika di wordpress.com hanya tersaji data pageviews dan jumlah visitor per hari/bulan maka di dunia hosting hanya dikenal istilah data transfer dalam hitungan Giga Byte. Jika pageviews blog anda rata-rata 1000 per hari, pilihan paket bandwidth 50GB biasanya sudah cukup, data transfer dihitung per bulan.
  • control panel yang ditawarkan untuk kemudahan penggunaan akun hosting anda nantinya, umumnya kebanyakan provider hosting menyediakan pilihan cPanel
  • urgensi pilihan lokasi server bagi pengunjung blog anda, sebenarnya untuk saat ini baik lokasi server luar dengan server dalam negeri sudah 11-12 feel kecepatannya, karena kecepatan koneksi internet di end user kita saat ini sudah jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Pilihan server luar biasanya lebih utama dengan pertimbangan uptime server hosting yang lebih baik dari server dalam negeri.

Setelah domain dan hosting telah anda siapkan, selanjutnya bisa beranjak ke langkah-langkah memulai proses pemindahan data blog dari WordPress.com. Stay tuned artikel kelanjutannya..

Facebook Comments

Leave a Reply

Powered by Dragonballsuper Youtube Download animeshow

%d bloggers like this: