Home » Hosting stuff » Setting Custom Domain Blogspot

Setting Custom Domain Blogspot

Custom Domain Blogspot

pic: jogjaweb.co.id

Salam Blogger, salah satu layanan penyedia jasa blog gratis selain WordPress.com adalah Blogspot atau nama lain dari Blogger.com yang dimiliki oleh Google. Baik WP maupun Blogspot memfasilitasi kebutuhan user jika ingin mengganti alamat webblog default menjadi nama domain sendiri. Nah disini penulis ingin tulis kembali langkah-langkah bagaimana sih jika ingin merubah alamat blog gratis Blogspot kita menggunakan nama domain sendiri.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membeli nama domain yang akan digunakan, bebas bisa membeli nama domain dimana saja kepada penyedia hosting dalam negeri maupun luar negeri, jangan lupa ketika membeli domain pastikan sudah include fitur DNS Manager untuk merubah record-record DNS domain, seperti merubah A record, MX record dan CNAME record, atau minta akun parking sekalian.

Baik setelah domain dibeli dan sudah aktif bisa ikuti langkah-langkah berikut untuk setting Custom Domain di Blogspot.

  • login ke dashboard Blogspot/Blogger anda
  • klik nama blog yang ingin anda setting (dalam gambar klik yang dilingkaran merah)

Custom Domain Blogspot

  • klik menu Setelan

Custom Domain Blogspot

  • di halaman Setelan > Dasar, klik link ‘Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda’

Custom Domain Blogspot

  • masukkan nama domain blog diawali prefix ‘www‘ misal http://www.tokoku.com, sebagai catatan Blogspot tidak memfasilitasi langsung menggunakan root domain sebagai nama custom domain, melainkan harus dengan nama subdomain.

Custom Domain Blogspot

  • selanjutnya akan muncul alert yang memberitahukan Blogspot gagal memverifikasi domain anda, wajar karena domain kita memang belum diset dns recordnya ke Blogspot.

Custom Domain Blogspot

  • sampai disini catat 2 baris record CNAME yang diberikan oleh Blogspot, 2 record ini akan kita masukkan di setting DNS Manager tempat dimana kita membeli nama domain.
  • silahkan login terlebih dahulu ke control panel DNS Manager dimana tempat kita membeli domain, hubungi penyedia layanan domain jika anda kurang begitu mengetahuinya.
  • jika sudah login ke DNS Manager domain, anda bisa masukkan 2 record CNAME unik dari Blogspot, jangan lupa untuk selalu Save setelah menambahkan record CNAME. Di beberapa provider, perubahan record DNS domain kadang membutuhkan waktu beberapa menit hingga hitungan jam, harap bersabar pada fase ini. Berikut adalah contoh DNS record yang telah diupdate.

Custom Domain Blogspot

Custom Domain Blogspot

  • setelah diyakini perubahan DNS record telah resolve, silahkan kembali ke dashboard Blogspot untuk klik tombol Save di pengaturan custom domain sebelumnya. Berikut adalah tampilan jika setting custom domain berhasil.

Custom Domain Blogspot

  • sekarang untuk URL Blogspot anda sudah bisa diakses menggunakan nama domain http://www.tokoku.com (hanya contoh). Persoalannya sekarang domain tidak bisa diakses jika menggunakan root domain seperti http://tokoku.com karena Blogspot hanya mengenal alamat host http://www.tokoku.com

Terus harus gimana donk solusinya?

Disinilah perlunya akun parking di sebuah webhosting, kalau bahasa mudahnya akun parking disini seolah kita hanya numpang domain ditempatkan di server hosting, tujuannya agar kita bisa meletakkan file di akun parking yang bertujuan sebagai redirect. Misal kita ingin atur agar akses http://tokoku.com otomatis redirect ke alamat http://www.tokoku.com, nah kita butuh membuat file .htaccess di akun parking untuk memfasilitasi kebutuhan tersebut.

Dengan asumsi anda sudah mendapatkan sebuah akun parking lakukan langkah dibawah ini untuk setting redirect.

  • login ke control panel hosting (akun parking), jika menggunakan cPanel buka menu File Manager lalu beralih ke direktori public_html/
  • buat file baru di dalam direktori public_html/ dengan nama .htaccess

Custom Domain Blogspot

  • setelah klik Create New File, lalu pilih file .htaccess dan klik menu Edit, isikan dengan 1 baris perintah redirect di bawah ini.

Redirect / http://www.tokoku.com

Custom Domain Blogspot

  • setelah selesai jangan lupa klik tombol Save, dan silahkan dicoba akses nama blog dengan root domain http://tokoku.com, jika berhasil otomatis URL akan redirect ke http://www.tokoku.com yang sudah mengarah ke Blogspot sebagai Custom Domain.

Custom Domain Blogspot

Catatan:
* pastikan di DNS Manager domain anda, A record untuk root domain (tokoku.com) sudah diarahkan terlebih dahulu ke IP hosting dimana akun parking anda berada.

Semoga bermanfaat.

Facebook Comments

Leave a Reply

Powered by Dragonballsuper Youtube Download animeshow

%d bloggers like this: