Home » Other » STMIK Muhammadiyah Jakarta Menggelar Seminar & Pelatihan IT di Ramadhan 1437 H

STMIK Muhammadiyah Jakarta Menggelar Seminar & Pelatihan IT di Ramadhan 1437 H

Pelatihan Mobile Programming STMIK Muhammadiyah

Salam sejutaumat, mengisi kegiatan di bulan Ramadhan 1437 H mahasiswa kampus STMIK Muhammadiyah Jakarta menggelar sebuah event seminar dan pelatihan Teknologi Informasi kepada umum secara gratis. Bekerjasama dengan Bank Indonesia dan didukung beberapa sponsor terkenal lainnya (Telkom Indonesia, Alto) mahasiswa dan kampus STMIK ingin memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar, sekaligus ingin memperkenalkan kompetensi dan kebolehan prestasi mahasiswa STMIK Muhammadiyah yang sudah teruji.

Ada beberapa pilihan program pelatihan yang dapat dipilih peserta, mulai Web Programming, Desktop Programming, Multimedia, Mobile Programming, Bahasa Inggris dan Metode Belajar Membaca Al-Quran. Kebetulan penulis juga ikut serta dan menyempatkan waktu untuk mengikuti pelatihan yang cukup menarik ini. Saya memilih mengambil pelatihan Mobile Programming karena kebetulan kebutuhan saat ini penulis lagi ke arah sana.

Pelatihan Mobile Programming STMIK Muhammadiyah

Pelatihan berlangsung selama 4x pertemuan dimulai tanggal 11-12 dan 18-19 Juni 2016. Dimulai dari pukul 15.00 wib ba’da sholat Ashar berjamaah dan berakhir menjelang Maghrib, sekalian acara buka puasa bersama.

Saat sambutan pembukaan seminar, ketua STMIK Bpk. Faiz Rafdhi Ch, M.Kom mengatakan kegiatan ini adalah pertama kalinya diadakan di kampusnya dan berharap bisa terus berlanjut di tahun-tahun berikut dengan lebih hebat lagi. Pak Faiz bangga dan memberikan apresiasi kepada tim panitia yang mensukseskan terwujudnya kegiatan positif ini. Timnya masih muda-muda semua namun sangat kompak dalam menyusun kegiatan yang persiapannya cukup singkat.

Pelatihan Mobile Programming STMIK Muhammadiyah

Peserta seminar juga mendapatkan materi dari Bapak Imal Istimal tentang Ekonomi kreatif dan kewirausahaan. Sesuai dengan tema Pelatihan yang diusung, “Peranan Teknologi Informasi Dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif” paparan materi Pak Imal cukup membuka wawasan penulis tentang pengembangan ekonomi kreatif berbasis IT.

Di pelatihan Mobile Programming yang penulis ambil, memperkenalkan kepada peserta salah satu software development kit buatan Intel yang dapat dipakai untuk membuat aplikasi native untuk perangkat mobile berbasis teknologi web HTML5. Aplikasi ini bersifat free dan ternyata setelah dijalankan jauh lebih ringan dari program kit lainnya yang pernah saya coba, misal jika dibandingkan dengan Android Studio.

Istimewanya Intel XDK ini karena berbasis HTML5, aplikasi-aplikasi yang dibuat dapat berjalan multiplatform (Android, IOS, Windows Phone) karena aplikasi web dikompilasi menggunakan platform Cordova di server online untuk membuat aplikasi hybrid yang cross-platform.

Pelatihan Mobile Programming STMIK Muhammadiyah

Pelatihan mobile programming selama 4 hari ini bagi penulis adalah dasar untuk mengerti bagaimana membuat mobile apps. Selanjutnya bisa menjadi modal bagi penulis dan peserta lainnya untuk bisa dikembangkan. Yang jelas penulis berterima kasih banyak kepada seluruh panitia pelatihan dan kampus STMIK Muhammadiyah Jakarta yang telah memperkenalkan wawasan pembuatan mobile apps yang cukup mudah, mentrigger semangat penulis untuk nanti bisa kembangin dan buat aplikasi-aplikasi mobile yang bermanfaat, Insyaallah.

Maju terus STMIK Muhammadiyah Jakarta…

Pelatihan Mobile Programming STMIK Muhammadiyah

Panitia Pelatihan yang Kompak

Panitia Pelatihan yang Kompak

Pelatihan Mobile Programming STMIK Muhammadiyah

Facebook Comments

One comment

  1. Kegiatan yang bagus mas,
    Sedikit saran, gmn kalau bikin acara tentang peranan teknologi informasi bagi Pendidikan Agama Islam? Soalnya sekarang ini teknologi menjadi sorotan karena dgn gadget anak-anak jadi malas mengaji

Leave a Reply

Powered by Dragonballsuper Youtube Download animeshow

%d bloggers like this: