Home » Linux » Tips menggunakan screen di Linux

Tips menggunakan screen di Linux

screen linux

Salam Blogger, banyak cara yang digunakan oleh para sysadmin agar bisa bekerja di lingkungan Linux menjadi lebih efisien, salah satunya adalah memanage beberapa pekerjaan sekaligus di background console/terminal. Sebagai contoh pekerjaan yang bisa menerapkan screen, disaat bersamaan anda ingin melakukan 2 pekerjaan sekaligus, pertama sedang melakukan download torrent, pekerjaan kedua anda ingin melakukan rsync folder backup ke server lain. Nah keduanya kebetulan prosesnya memakan waktu lama, sehingga menjadi tidak efisien ketika harus menunggu salah satu proses selesai baru lanjut ke pekerjaan berikutnya. Disinilah sysadmin sangat terbantu dengan adanya screen command.

Screen command di beberapa distro Linux belum tersedia secara default, karena itu perlu anda install dengan metode instalasi standar dari masing-masing distro, apt-get install screen atau yum install screen, etc.

Setelah paket screen terinstall anda bisa ikuti tips berikut untuk melakukan 2 pekerjaan seperti contoh case di atas.

Pertama misal anda ingin melakukan download torrent dengan perintah rtorrent, ketikkan di console;

root@server3 [~]# screen -S torrentku

Maka akan muncul layar emulasi terminal baru dengan posisi working directory yang sama dengan console induk. Di console baru ini silahkan anda lanjutkan mengerjakan pekerjaan rtorrent seperti biasa.

Setelah proses download torrent sudah berjalan, untuk kembali ke console utama tekan kombinasi tombol CTRL+A D (CTRL+A dulu baru kemudian tekan huruf D)

Selanjutnya lakukan pekerjaan kedua menggunakan screen baru, caranya ketikkan di console;

root@server3 [~]# screen -S backupdata

Maka akan muncul layar screen baru, sampai disini sudah tercipta 2 layar screen, silahkan lanjutkan pekerjaan proses backup misal menggunakan rsync. Untuk kembali ke console utama, sama tekan tombol CTRL+A D

Nah sekarang bagaimana untuk masuk kembali ke layar screen yang sudah tercipta tadi? Coba ketikkan di console

root@server3 [~]# screen -dr
There are several suitable screens on:
1393.backupdata (Detached)
1078.torrentkuĀ  (Detached)
Type “screen [-d] -r [pid.]tty.host” to resume one of them.

Maka terlihat 2 nama screen tadi dengan format pid.shockname seperti di atas. Jika anda ingin kembali membuka screen torrentku maka cukup panggil dengan ketik perintah

root@server3 [~]# screen -d -r 1078.torrentku

Maka layar console akan berpindah ke screen 1078.torrentku, mudah bukan? Sama caranya ketika anda ingin masuk kembali ke layar screen kedua (1393.backupdata) ketik format perintah yang sama, tapi jangan lupa keluar dulu dari screen 1078.torrentku dengan menekan CTRL+A D, baru ketikkan perintah resume screen kedua.

root@server3 [~]# screen -d -r 1393.backupdata

Nah sekarang bagaimana jika pekerjaan di dalam screen sudah selesai, untuk mematikan screen (dettach) caranya adalah masuk dulu ke screen yang ingin ditutup dengan perintah seperti contoh di atas. Setelah masuk cukup tekan CTRL+D maka layar sesi screen akan ditutup.

[screen is terminating]

Sebagai catatan jika anda hanya ingin membuka satu screen, maka untuk membuat screen baru cukup dengan perintah;

root@server3 [~]# screen -a

Untuk kembali ke console utama sama caranya tekan CTRL+A D dan untuk kembali ke layar screen tadi ketik perintah;

root@server3 [~]# screen -dr

Dan jika telah selesai untuk menutup sesi screen cukup dengan menekan CTRL+D dari dalam screen yang ingin ditutup. Mudah bukan?

Monggo dicoba tipsnya, semoga bermanfaat.

Facebook Comments

Leave a Reply

Powered by Dragonballsuper Youtube Download animeshow

%d bloggers like this: